PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI SISTEM KOLOID

NASHRIAH, NASHRIAH (2014) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI SISTEM KOLOID. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (52kB)

Abstract

DEVELOPMENT OF PROJECT BASED LEARNING PACKAGE ON COLLOID SYSTEM LESSON MATERIAL Nashriah, H.Muharram, Jusniar ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran kimia kelas XI IPA SMA berbasis proyek yang valid, efektif, dan praktis, serta mendapatkan gambaran hasil pengembangan perangkat pada materi sistem koloid. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Buku Peserta Didik, Lembar Kerja Peserta Didik, dan Tes Hasil Belajar. Model Pengembangan yang digunakan adalah modifikasi dan adaptasi dari Model Plomp yang meliputi 5 fase, yaitu: (1) fase investigasi awal, mencakup analisis awal, analisis peserta didik, analisis materi, dan analisis tugas, (2) fase desain, meliputi penyusunan rencana pembelajaran, pemilihan media, pemilihan format, dan desain awal, (3) fase realisasi/konstruksi, merupakan realisasi hasil perancangan rencana pelaksanaan pembelajaran, buku peserta didik, lembar kerja peserta didik, dan tes hasil belajar, (4) fase tes, evaluasi, dan revisi, terdiri dari kegiatan validasi dan uji coba lapangan, dan (5) fase implementasi, merupakan uji coba terbatas. Dalam pengumpulan data, instrumen yang digunakan, yaitu (1) untuk uji kevalidan menggunakan lembar validasi perangkat pembelajaran yang divalidasi oleh dua orang ahli kemudian dianalisis menurut validitas isi Gregory yang memenuhi kategori valid, (2) untuk uji kepraktisan menggunakan lembar pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran yang dianalisis dengan ukuran derajat IO yang berada pada kategori tinggi, dan (3) untuk uji keefektifan menggunakan tes hasil belajar kimia yang diukur berdasarkan penentuan tingkat penguasaan peserta didik (TPPD) yang memenuhi kriteria ketuntasan pembelajaran yaitu 94,12%, kemampuan pendidik mengelola pembelajaran dianalisis berdasarkan nilai kemampuan pendidik yang berada pada kategori baik, dan (3) respon peserta didik sebanyak 98,43% memberikan respon positif. Berdasarkan penilaian ahli dan hasil uji coba di SMA Negeri 12 Bulukumba menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran kimia berbasis proyek memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Kata Kunci: Model Plomp, pembelajaran berbasis proyek, sistem koloid

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Feb 2018 02:33
Last Modified: 09 Feb 2018 02:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4697

Actions (login required)

View Item View Item