PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN KINERJA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PRAKTIKUM KIMIA

JUMRIATI, JUMRIATI (2014) PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN KINERJA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PRAKTIKUM KIMIA. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (49kB)

Abstract

ARTIKEL PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN KINERJA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PRAKTIKUM KIMIA DEVELOPMENT OF PERFORMANCE ASSESSMENT TOOLS WITH SCIENCE PROCESS SKILLS BASIS IN CHEMISTRY PRACTICUM JUMRIATI PRORGAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR 2014 PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN KINERJA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PRAKTIKUM KIMIA DEVELOPMENT OF PERFORMANCE ASSESSMENT TOOLS WITH SCIENCE PROCESS SKILLS BASIS IN CHEMISTRY PRACTICUM Jumriati, H. Muharram, Hj. Ramdani ABSTRAK JUMRIATI. 2014. Pengembangan Perangkat Penilaian Kinerja Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Praktikum Kimia (dibimbing oleh H. Muharram dan Hj. Ramdani). Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat penilaian kinerja berbasis keterampilan proses sains pada praktikum kimia yang memenuhi kriteria valid, reliabel, dan praktis. Kevalidan diperoleh berdasarkan penilaian para ahli terhadap perangkat penilaian kinerja dianalisis dengan menggunakan validitas isi Gregory kemudian hasil uji coba perangkat penilaian dilakukan validitas empirik menggunakan rumus product moment, reliabilitas diukur dari nilai korelasi dari penilaian psikomotorik, kognitif, dan afektif menggunakan uji realibilitas koefisien Alpha Cronbach, serta kepraktisan diukur dari pengamatan terhadap keterlaksanaan perangkat penilaian kinerja dan respon guru terhadap perangkat penilaian tersebut. Proses pengembangan penilaian kinerja berbasis keterampilan proses sains pada praktikum kimia mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri dari lima tahapan yaitu (1) Investigasi awal, dilakukan analisis kondisi awal, analisis peserta didik, analisis materi, dan analisis tugas, (2) Desain, merancang instrumen penilaian kinerja dan instrumen yang akan digunakan untuk mengumpulkan data, (3) Realisasi, dihasilkan prototipe awal sebagai hasil dari perancangan perangkat penilaian kinerja yang terdiri dari penilaian psikomotor, penilaian kognitif, dan penilaian afektif, (4) Tes, evaluasi, dan revisi, dilakukan validasi oleh ahli dan uji coba perangkat penilaian kinerja selanjutnya dilakukan evaluasi dan revisi terhadap perangkat penilaian tersebut, (5) Implementasi, penerapan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, dan kepraktisan perangkat penilaian kinerja sehingga menghasilkan produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat penilaian kinerja berbasis keterampilan proses sains pada praktikum kimia yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, reliabel, dan praktis berdasarkan penilaian validator dan hasil uji coba yang dilakukan pada SMA Negeri 17 Makassar. Kata Kunci: Pengembangan, Penilaian Kinerja, Keterampilan Proses Sains, dan Praktikum Kimia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Feb 2018 06:15
Last Modified: 12 Feb 2018 06:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4696

Actions (login required)

View Item View Item