Studi Penerapan ModelPembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Mata Pelajaran Sosiologi Di SMA Muhammadiyah Belajen Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang.

HASRIANI, JIHADAN (2014) Studi Penerapan ModelPembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Mata Pelajaran Sosiologi Di SMA Muhammadiyah Belajen Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Haris.docx

Download (13kB)

ABSTRAK HASRIANI JIHADAN, 2014. Studi Penerapan ModelPembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Mata Pelajaran Sosiologi Di SMA Muhammadiyah Belajen Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Skripsi. Dibimbing oleh Chamsiah Ishak, dan Firdaus W Suhaeb. Program Studi Pendidikan Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang diterapkan guru dalam pembelajaran Sosiologi, dan hambatan-hambatan yang dihadapi guru Sosiologi dalam melaksanakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD di SMA Muhammadiayah Belajen Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti bertindak sebagai instrumen penelitian. Penarikan informan secara purposive sampling, selanjutnya teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, teknk pengabsahan data . Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran yang digunakan oleh guru Sosiologi di SMA Muhammadiyah Belajen Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang masih terbatas pada model pembelajaran Kooperatif tipe STAD yang diterapkan dilapangan dan menjadikan perbedaan pada RPP, jadi pada umumnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi mengalami penurunan dengan rata-rata nilai kurang dari 80, hal ini disebabkan oleh guru yang kurang memahami tentang model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD yang dicantumkan pada RPP nya. Hambatan-hambatan yang dihadapi guru Sosiologi SMA Muahammadiyah Belajen dalam melaksanakan model pembelajaran adalah kurangnya fasilitas yang memadai, terbatasnya pemahaman guru terhadap mode-model pembelajaran, guru masih menyamakan persepsi antara model pembelajaran dengan metode pembelajaran, model yang tercantum dalam RPP guru Sosiologi kadang tidak terlaksana karena terbatasnya waktu, yang meneyebabkan siswa kurang bersemangat dan kurang termotivai dalam mengikuti pembelajaran sosiologi karena cara guru membawakan model tersebut kurang bagus.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:51
Last Modified: 27 Apr 2016 05:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/466

Actions (login required)

View Item View Item