Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika (PTK peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Bungoro Pangkep)

YASIN, JURRAHMAH AB (2013) Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika (PTK peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Bungoro Pangkep). S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA.pdf

Download (1MB) | Preview

ABSTRAK JURRAHMAH AB YASIN. 2013.(dibimbing oleh H. Muh. Sidin Ali dan H. Muris) Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research), yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tindakan dilakukan untuk meningkatkan aktivitas belajar, minat dan hasil belajar fisika melalui pengajaran dan pembelajaran melalui model pembelajaran berbasis masalah yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Bungoro Pangkep kelas XI TKJ1. Analisis data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan didukung dengan analisis kuantitatif dengan menghitung rata-rata kelas, ketuntasan belajar individu dan ketuntasan belajar klasikal. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas peserta didik, lembar angket minat dan tes hasil belajar fisika. Dari hasil penelitian ini diperoleh data bahwa, pada siklus I aktivitas belajar peserta didik sebesar 60,50% dan minat belajar peserta didik sebesar 54,46%, pada siklus II aktivitas belajar peserta didik meninggkat menjadi 71,05% dan minat belajar peserta didik meningkat menjadi 63,94%, sedangkan pada siklus III aktivitas belajar peserta didik meningkat menjadin 79,34% dan minat belajar peserta didik meningkat menjadi 76,31%. Begitu pula dengan hasil belajar fisika peserta didik mengalami peningkatan yakni rata-rata nilai peserta didik pada siklus I sebesar 66, siklus II sebesar 75 dan siklus III sebesar 83. Berdasarkan data tersebut, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pengajaran dan pembelajaran melalui model pembelajaran berbasis masalah dalam proses pembelajaran telah berlangsung sesuai yang diharapkan dan dapat meningkatkan aktivitas belajar, minat belajar dan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI TKJ1¬ SMK Negeri 1 Bungoro Pangkep.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Feb 2018 05:41
Last Modified: 07 Feb 2018 05:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4644

Actions (login required)

View Item View Item