Implementasi Media Pembelajaran Virtual dengan Variasi Model Lembar Kerja terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XII IPA SMA Negeri 21 Makassar

Rembega, Ulfa laila (2013) Implementasi Media Pembelajaran Virtual dengan Variasi Model Lembar Kerja terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XII IPA SMA Negeri 21 Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN LABORATORIUM VIRTUAL DENGAN VARIASI MODEL LEMBAR KERJA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XII IPA SMA NEGERI 21 MAKASSAR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ULFA LAELA RAMBEGA,. (Dibimbing oleh Subaer dan Ahmad Yani) Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui; (1) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif kelompok peserta didik yang diajar dengan media laboratorium virtual menggunakan lembar kerja terbimbing, (2) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif kelompok peserta didik yang diajar dengan media laboratorium virtual menggunakan lembar kerja terbuka, dan (3) Adanya perbedaan kemampuan berikir kreatif yang signifikan antara kelompok peserta didik yang diajar dengan media laboratorium virtual menggunakan lembar kerja terbimbing dan kelompok peserta didik yang diajar dengan media laboratorium virtual menggunakan lembar kerja terbuka tahun ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII IPA SMA Negeri 21 Makassar tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri 2 kelas yaitu kelas XII IPA1 dan kelas XII IPA2, yang sekaligus merupakan sampel dengan jumlah 87 peserta didik. Hipotesis penelitian adalah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif yang signifikan antara kelompok peserta didik kelas XII IPA SMA Negeri 21 Makassar tahun ajaran 2012/2013 yang diajar media laboratorium virtual menggunakan lembar kerja terbimbing dengan kelompok peserta didik yang diajar media laboratorium virtual menggunakan lembar kerja terbuka. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda yang memenuhi kriteria valid dengan reliabilitas soal 0,75 sebanyak 31 butir. Hasil penelitian analisis deskriptif menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas XII IPA SMAN 21 Makassar jika diajar menggunakan media laboratorium virtual dengan variasi model lembar kerja dan analisis inferensial menunjukkan terdapat perbedaan yang tidak signifikan kemampuan berpikir kreatif antara kelompok peserta didik yang diajar dengan media laboratorium virtual menggunakan lembar kerja terbimbing yang memperoleh nilai hasil rata-rata sebesar 18,67 dan kelompok peserta didik yang diajar dengan media laboratorium virtual menggunakan lembar kerja terbuka dengan hasil rata-rata sebesar 19,08

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Feb 2018 03:52
Last Modified: 07 Feb 2018 03:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4642

Actions (login required)

View Item View Item