. TAWURAN MASYARAKAT (Studi Kasus Pada Warga Kampung Sappa Bulo Dengan Warga Jalan Dangko Kelurahan Balang Baru Kecamatan Tamalate Makassar). Skripsi.

KHAYANK, SUHENDRA (2013) . TAWURAN MASYARAKAT (Studi Kasus Pada Warga Kampung Sappa Bulo Dengan Warga Jalan Dangko Kelurahan Balang Baru Kecamatan Tamalate Makassar). Skripsi. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Hafika Ayu Lestari.docx

Download (12kB)

ABSTRAK KHAYANK SUHENDRA. 2013. TAWURAN MASYARAKAT (Studi Kasus Pada Warga Kampung Sappa Bulo Dengan Warga Jalan Dangko Kelurahan Balang Baru Kecamatan Tamalate Makassar). Skripsi. Jurusan Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Mustakim Nur Djohar dan M. Ridwan Said Ahmad) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya tawuran masyarakat, dampak tawuran masyarakat, dan upaya-upaya untuk mengatasi tawuran masyarakat yang terjadi Pada Warga Kampung Sappa Bulo Dengan Warga Jalan Dangko Kelurahan Balang Baru Kecamatan Tamalate Makassar. Jenis penelitian adalah jenis penelitian kualitatif, sasaran dan informan penelitian adalah warga masyarakat jalan Dangko dan Sappa Bulo yangberdasarkan tingkat umur, jenis kelamin, dan pendidikan.Untuk pemilihan informan penelitian ditetapkan dengan cara penentuan informan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara dengan menggunakan daftar pertanyaan.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penyebab terjadinya tawuran masyarakat antara warga Kampung Sappa Bulo dengan Warga Jalan Dangko, adalah didorong oleh faktor siri’, perebutan wilayah kekuasaan, adanya persoalan sepele yang disertai dengan ikatan solidaritas yang keliru, saling mencela (mengejek) dimana dampaknya terlihat pada terganggunya aktivitas perekonomian, keamanan, dan ketentraman masyarakat lain, dan rusaknya fasilitas umum, dikeluarkannya sanksi dan jatuhnya korban luka-luka maupun korban jiwa, serta rusaknya citra nama baik kota Makassar. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi tawuran masyarakat tersebut, yakni memberikan sanksi yang tegas bagi masyarakat yang terlibat tawuran, pihak kepolisian menjalin kerjasama dan komunikasi yang baik dengan semua pihak, masyarakat lebih mendewasakan diri dalam mengatasi setiap masalah yang dihadapinya tanpa harus tawuran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:51
Last Modified: 27 Apr 2016 05:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/464

Actions (login required)

View Item View Item