Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Fluida Statis

Aryati Rajab, Aryati Rajab (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Fluida Statis. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (59kB)

Aryati Rajab*)Muris**)dan Nurhayati**) *) Mahasiswa PPs Universitas Negeri Makassar **) Dosen Fisika FMIPA Universitas Negeri Makassar *email: fisika687@gmail.com Abstrak- Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk (i) mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual yang valid dan reliabel (ii) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah diajar dengan perangkat tersebut (iii) mengetahui respon peserta didik terhadap perangkat pembelajaran. Adapun perangkat yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar Peserta Didik (BAPD), dan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD). Pengembangan perangkat ini menggunakan model Kemp, Morisson dan Ross yang terdiri dari sembilan unsur pengembangan yakni instructional problems, learner characteristic, task analysis, instructional objectives, sequence content, instructional strategies, instructional delivery, evaluation instrument, dan instructional resources. Uji coba perangkat dilaksanakan pada peserta didik kelas XI IPA2 SMA Negeri 12 Bulukumba. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa (i) profil perangkat pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual berupa (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran; (2) Bahan Ajar Peserta Didik; (3) Lembar Kerja Peserta Didik adalah valid dan reliabel (ii) peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah perangkat berbasis pendekatan kontekstual diterapkan sebesar 0,42 atau termasuk dalam kategori sedang (iii) respon peserta didik terhadap perangkat dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran sebesar 84,79% berada pada kategori sangat positif. Kata kunci: Pendekatan kontekstual, Keterampilan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Feb 2018 03:31
Last Modified: 07 Feb 2018 03:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4639

Actions (login required)

View Item View Item