Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Kelas VII-B MTs Muhammadiyah Panaikang Kabupaten Bantaeng

Basri, Basri (2012) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Kelas VII-B MTs Muhammadiyah Panaikang Kabupaten Bantaeng. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Basri.docx

Download (11kB)

ABSTRAK Basri. 2014. ”Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Kelas VII-B MTs Muhammadiyah Panaikang Kabupaten Bantaeng”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh H. A. Wardihan P dan Muhammad Saleh) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (I) peningkatan proses, dan (2)hasil model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan keterampilan berbicara kela VII-B MTs Muhammadiyah Panaikang Kabupaten Bantaeng. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Lokasi dalam penelitian ini adalah MTs Muhammadiyah Panaikang Kabupaten Bantaeng dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B sebanyak 32 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) menyampaikan ide pokok pada tahap proses dan hasil. Pada tahap proses, pembelajaran keterampilan berbicara dalam menyampaikan ide pokok dilaksanakan oleh siswa erkolaborasi dengan peneliti. Proses pembelajaran siklus II lebih memuaskan dan lebih kondusif, serta siswa lebih aktif dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Setelah dilakukan terhadap masalah pada siklus I. Pada siklus II siswa melaksanakan kegiatan pembelajaran keterampilan berbicara menyampaikan ide pokok dengan baik. Hal tersebut juga berpengaruh pada proses aktifitas siswa dalam pembelajaran. Pada tahap hasil pembelajaran denngan memerhatikan intonasi, diksi, kelancaran,penampilan dan penguasaan bahasa. Nilai rata-rata siswa secara keseluruhan pada siklus I sebesar dapat meningkatkan pembelajaran keterampilan berbicara. Menentukan pakta dan opini nilai rata-rata 66,76 menentukan ide pokok pada siklus ke II nilai rata-rata 81,59% Sesuai dengan hasil penelitian ini diajukan saran, yaitu bagi kepala Sekolah Hendaknya selalu menganjurkan kepada semua Guru untuk mengajar denagan menggunakan model, bagi Guru Bahasa dan Sastra Indonesia khususnya ditingkat MTs dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan keteampilan berbicara menentukan fakta dan opini, bagi siswa hendaknya aktif dan belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Bagi Guru bidang Studi lain dapat disarankan kepada peneliti lain agar melakukan penelitian lanjutan pada aspek yang berbeda untuk menambah kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:49
Last Modified: 25 Apr 2016 06:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/46

Actions (login required)

View Item View Item