Nurnia, Nurnia (2016) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah pada Materi Ketenagakerjaan Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII.4 SMP Negeri 1 Tompobulu Kabupaten Bantaeng. Diploma thesis, Ekonomi.
|
Text
skripsi.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya kemampuan memecahkan masalah peserta didik kelas VIII.4 SMP Negeri 1 Tompobulu. Peserta didik tidak berani mengajukan pertanyaan atau mengemukakan pendapat selama kegiatan pembelajaran, hal ini terjadi karena suasana pembelajaran sering membuat siswa merasa jenuh. Oleh karena itu, pendidik berupaya menggunakan model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran tingkat keaktifan peserta didik, peningkatan kemampuan memecahkan masalah pada materi ketenagakerjaan mata pelajaran IPS Terpadu dan juga untuk mendapatkan gambaran tentang penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 1 Tompobulu yang berjumlah 22 orang yang terdiri dari 12 laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research)yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi dan refleksi. Metode pembelajaran berbasis masalah merupakan kegiatan pembelajaran dengan cara mengelompokkan peserta didik beberapa kelompok belajar yang beranggotakan 4-5 orang dengan tujuan untuk mengaktifkan kegiatan belajar peserta didik. Prosedur penelitian dilakukan sebanyak tiga siklus, siklus I dilaksanakan 3 kali pertemuan, siklus II dilaksanakan 3 kali pertemuan dan siklus III dilaksanakan 3 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan memecahkan masalah dilihat dari hasil belajar ekonomi pada materi ketenagakerjaan dapat meningkat melalui model pembelajaran berbasis masalah bagi peserta didik kelas VIII.4 SMP Negeri 1 Tompobulu. Hal ini dinyatakan berdasarkan hasil perolehan nilai peserta didik pada siklus I siklus II siklus III dinyatakan hasil belajar peserta didik meningkat. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi |
Divisions: | FAKULTAS EKONOMI |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 01 Feb 2018 08:11 |
Last Modified: | 01 Feb 2018 08:11 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4578 |
Actions (login required)
View Item |