PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD INPRES JEPPEE KABUPATEN BARRU

ASRI, FAHMI PADLI (2016) PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD INPRES JEPPEE KABUPATEN BARRU. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL TESIS FAHMI.docx

Download (91kB)

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahui gambaran penggunaan media pembelajaran power point pada mata pelajaran IPS kelas V di SD Inpres Jeppee Kabupaten Barru. (ii). Untuk mengetahui gambaran motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS kelas V di SD Inpres Jeppee Kabupaten Barru. (iii). Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penggunaan media power point dalam memotivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas V di SD Inpres Jeppee Kabupaten Barru. (iv). Untuk mengetahui upaya kepala sekolah dan guru dalam mengomptimalkan penggunaan media pembelajaran khususnya media power point dan motivasi peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas V di SD Inpres Jeppee Kabupaten Barru Teknik analisis data digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi sedngkan teknik penarikan sampelnya menggunakan purvosive sampling yaitu Kepala Sekolah, Guru/Wali Kelas, dan 21 orang peserta didik kelas V dengan pertimbangan bahwa subjek tersebut menguasai dan memahami proses belajar mengajar di SD Inpres Jeppee Kabupaten Barru. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (i) gambaran penggunaan media power point pada kelas V di SD Inpres Jeppee kabupaten Barru menunjukkan materi dalam media power point dapat dimengerti oleh peserta didik; (ii) motivasi peserta didik kelas V SD Inpres Jeppee Kabupaten Barru dalam mengikuti pelajaran IPS termasuk dalam kategori sedang; (iii) Faktor pendukung dalam penggunaan media power point adalah memudahkan proses belajar peserta didik dan memudahkan proses mengajar bagi guru, memberikan pengalaman lebih nyata bagi guru dan peserta didik, menarik perhatian dan motivasi peserta didik dalam belajar, sedangkan faktor penghambat penggunaan media power point adalah kurangya keahlian guru dalam menggunakan komputer, kurangnya fasilitas proyektor LCD, Adanya perbedaan kemampuan peserta didik dalam memahami program power point; (iv) upaya yang telah dilakukan Kepala Sekolah dalam mengoptimalkan penggunaan media power point serta motivasi peserta didik adalah penambahan fasilitas proyektor LCD dan melakukan pelatihan informasi dan teknologi, Sedangkan upaya yang dilakukan guru adalah berpedoman pada tujuan pembelajaran pembuatan media power point, penggunaan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan tema pelajaran. Kata Kunci: penggunaan media power point, motivasi belajar,mata pelajaran IPS

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Jan 2018 08:02
Last Modified: 29 Jan 2018 08:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4541

Actions (login required)

View Item View Item