PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMK TEKNOLOGI PENERBANGAN HASANUDDIN MAKASSAR

Mulyani, Mulyani (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMK TEKNOLOGI PENERBANGAN HASANUDDIN MAKASSAR. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel MULYANI.docx

Download (74kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning, (2) Perbedaan kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang memiliki gaya berpikir sequensial dengan gaya berpikir acak, (3) Perbedaan antara selisih kemampuan berpikir kritis peserta didik yang memiliki gaya berpikir sequensial dan gaya berpikir acak yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dan model pebelajaran Discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik kelas XI SMK Teknologi Penerbangan Hasanuddin Makassar tahun ajaran 2015/2016. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling dan terpilih kelas XI AF yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dan kelas XI AE yang dibelajarkan dengan model Discovery Learning. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket gaya berpikir dan tes kemampuan berpikir kritis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan program SPSS menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak ada perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dengan model Discovery Learning. (2) ada perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang memiliki gaya berpikir sequensial dengan gaya berpikir acak, (3) ada perbedaan antara selisih kemampuan berpikir kritis peserta didik yang memiliki gaya berpikir sequensial dan acak yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dan model Discovery Learning Kata kunci: model pembelajaran, gaya berpikir, kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Jan 2018 01:10
Last Modified: 29 Jan 2018 01:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4537

Actions (login required)

View Item View Item