PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SD INPRES TETEBATU KEC. PALLANGGA KAB. GOWA

HARDIANTI, RIZKA (2016) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SD INPRES TETEBATU KEC. PALLANGGA KAB. GOWA. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL Rizka.docx

Download (59kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa SD Inpres Tetebatu; (2) hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT; (3) hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori; dan (4) perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dan digolongkan ke dalam penelitian True Experimental Design. Populasi penelitian ini yakni seluruh siswa kelas IV yang terdiri atas 2 rombel yakni kelas IVA dan IVB. Adapun sampelnya dipilih secara simple random sampling sehingga terpilih kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol. Analisis statistik inferensial (uji-t) digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Tipe NHT dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori. Hasil penelitian menunjukkan: (1) gambaran pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT melalui 4 fase yaitu: fase penomoran, fase pengajuan pertanyaan, fase berpikir bersama, dan fase pemberian jawaban; (2) hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT telah mencapai ketuntasan secara klasikal; (3) nilai hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori sudah tuntas secara klasikal; (4) terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Tipe NHT dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Pembelajaran Ekspositori, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Jan 2018 00:49
Last Modified: 29 Jan 2018 00:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4535

Actions (login required)

View Item View Item