EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SATAP PULAU SEMBILAN KABUPATEN SINJAI

IRWANSYA, SYAHRUL (2016) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SATAP PULAU SEMBILAN KABUPATEN SINJAI. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL SYAHRUL IRWANSYA.docx

Download (79kB)

Abstract

Abstrak Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bercirikan adanya perlakuan (treatment) terhadap objek yang akan diteliti. Perlakuan dalam penelitian ini yaitu penerapan model PBL pendekatan CTL. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri SATAP Pulau Sembilan Kabupaten Sinjai yang terbagi dalam dua sekolah yaitu SMP Negeri SATAP Burung Loe 1 dan SMP Negeri SATAP Kanalo 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Problem-Based Learning (PBL) dengan pendekatan Contextual teaching & Learning (CTL) efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri SATAP Pulau Sembilan Kabupaten Sinjai yang ditinjau dari aktivitas, respons, hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kriteria kefektifan terpenuhi apabila (1) skor rata-rata aktivitas siswa lebih atau sama dengan 70% aspek pengamatan aktivitas siswa berada pada kriteria waktu ideal, (2) skor rata-rata respons siswa minimal berada pada kategori cenderung positif, (3) skor rata-rata test hasil belajar siswa untuk posttest ≥ 75, untuk skor rata-rata gain ≥ 0,3 serta ketuntasan secara klasikal ≥85%, dan (4) skor rata-rata test kemampuan berpikir kreatif untuk posttest ≥60 berada pada kategori kreatif dan untuk skor rata-rata gain ≥ 0,3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) skor rata-rata hasil belajar pada pembelajaran matematika PBL dengan pendekatan CTL di kelas VIII SMP Negeri SATAP Burung Loe 1 berada pada kategori tinggi, skor rata-rata gain hasil belajar berada pada kategori tinggi, skor kemampuan berpikir kreatif berada pada kategori kreatif, dengan skor rata-rata aktivitas berada pada kriteria waktu ideal, dan skor rata-rata respons siswa berada pada kategori positif, (ii) skor rata-rata hasil belajar pada pembelajaran matematika PBL dengan pendekatan CTL di kelas VIII SMP Negeri SATAP Kanalo 1 berada pada kategori tinggi, skor rata-rata gain hasil belajar berada pada kategori tinggi, skor kemampuan berpikir kreatif berada pada kategori kreatif, dengan skor rata-rata aktivitas siswa berada pada kriteria waktu ideal, dan skor rata-rata respons siswa berada pada kategori positif, (iii) pembelajaran matematika menggunakan model PBL dengan pendekatan CTL di kelas VIII SMP Negeri SATAP Burung Loe 1 dan di kelas VIII SMP Negeri SATAP Kanalo 1 berada pada kategori sangat efektif, (iv) pembelajaran matematika menggunakan model PBL dengan pendekatan CTL efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri SATAP Pulau Sembilan Kabupaten Sinjai

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Jan 2018 00:43
Last Modified: 29 Jan 2018 00:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4534

Actions (login required)

View Item View Item