EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KOMBINASI JIGSAW DENGAN TEAM GAMES TOURNAMENT PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH DDI PALIRANG KABUPATEN PINRANG

Dwiyanti, Irma (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KOMBINASI JIGSAW DENGAN TEAM GAMES TOURNAMENT PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH DDI PALIRANG KABUPATEN PINRANG. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel ImHe.docx

Download (37kB)

Abstract

ABSTRAK Banyaknya kesulitan yang dihadapi siswa dalam belajar matematika disebabkan karena banyaknya anggapan bahwa matematika itu sulit. Dengan anggapan itu akhirnya berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Sebagai terobosan baru maka pendidik perlu mengkombinasikan dua tipe pembelajaran kooperatif untuk menciptakan sebuah sintaks pembelajaran yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif tipe kombinasi jigsaw dengan TGT terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII1 MTs DDI Palirang ditinjau dari Hasil belajar matematika siswa setelah pembelajaran, Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dan Motivasi siswa terhadap pembelajarn. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang terdiri atas satu kelas eksperimen. variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa, aktivitas siswa, dan motivasi siswa, setelah penerapan model pembelajaran tipe kombinasi jigsaw dengan TGT. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental design, yaitu one-group pretest-posttest design, Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah DDI Palirang semester ganjil tahun ajaran 2016-2017 yakni kelas VII1 sebanyak 6 kali pertemuan. Data peneltian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, lembar observasi, dan angket. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah (1) hasil belajar, (2) aktivitas siswa dan (3) motivasi siswa. Berdasarkan analisis statistik inferensial menggunakan uji T diperoleh (1) hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata sebesar 88,40 dengan ketuntasan klasikal 100% diatas 85% ketuntasan ideal dan rata-rata nilai gain diperoleh 0,80 yang berada pada kategori tinggi, (2) aktivitas siswa diperoleh 3,4 yang berada pada kategori aktif, dan (3) rata-rata motivasi siswa diperoleh 2,6 yang berada pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Jan 2018 07:38
Last Modified: 23 Jan 2018 07:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4509

Actions (login required)

View Item View Item