Keterampilan Vokasional Bagi Anak Berkebutuhan Khusus PERAWATAN DAN PERBAIKAN ALAT ELEKTRONIKA

Jaya, Hendra (2017) Keterampilan Vokasional Bagi Anak Berkebutuhan Khusus PERAWATAN DAN PERBAIKAN ALAT ELEKTRONIKA. Cetakan Pertama . Fakultas MIPA Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia, pp. 1-258. ISBN 978-602-99837-6-0

[img]
Preview
Text (Buku Referensi)
Buku Referensi - Keterampilan Vokasional Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Perawatan dan Perbaikan Alat Elektronika).pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review - Buku Referensi)
Peer Review - Buku Referensi - Keterampilan Vokasional Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Perawatan dan Perbaikan Alat Elektronika).pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Konsep anak berkebutuhan khusus memiliki arti yang lebih luas dibandingkan dengan pengertian anak luar biasa. Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang dalam pendidikan memerlukan pelayanan yang spesifik, berbeda dengan anak pada umumnya. Anak dikatakan berkebutuhan khusus jika ada sesuatu yang kurang atau bahkan lebih dalam dirinya. Menurut Heward,anak berkebutuhan khusus adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa selalu menunjukkan pada ketidakmampuan mental, emosi atau fisik. Berdasarkan pengertian tersebut anak yang dikategorikan berkebutuhan dalam aspek fisik meliputi kelainan dalam indra penglihatan (tunanetra) kelainan indra pendengaran (tuna rungu) kelainan kemampuan berbicara (tuna wicara) dan kelainan fungsi anggota tubuh (tuna daksa). Anak yang memiliki kebutuhan dalam aspek mental meliputi anak yang memiliki kemampuan mental lebih (super normal) yang dikenal sebagai anak berbakat atau anak unggul dan yang memiliki kemampuan mental sangat rendah (abnormal) yang dikenal sebagai tuna grahita. Anak yang memiliki kelainan dalam aspek sosial adalah anak yang memiliki kesulitan dalam menyesuaikan perilakunya terhadap lingkungan sekitarnya. Anak yang termasuk dalam kelompok ini dikenal dengan sebutan tunalaras. Istilah berkebutuhan khusus secara eksplisit ditujukan kepada anak yang dianggap mempunyai kelainan/penyimpangan dari kondisi rata-rata anak normal umumnya, dalam hal fisik, mental maupunkarakteristik perilaku sosialnya (Efendi,2006).

Item Type: Book
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Dr. Hendra Jaya MPd
Date Deposited: 23 Jan 2018 06:46
Last Modified: 18 Apr 2019 10:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4503

Actions (login required)

View Item View Item