Aspek Kepribadian Tokoh Novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu karya Tere-Liye berdasarkan teori kepribadian Abraham Maslow

Bahagia Purnama, Sari (2012) Aspek Kepribadian Tokoh Novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu karya Tere-Liye berdasarkan teori kepribadian Abraham Maslow. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Bahagia Purnama Sari,.docx

Download (12kB)

ABSTRAK Bahagia Purnama Sari, 2012. Aspek Kepribadian Tokoh Novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu karya Tere-Liye berdasarkan teori kepribadian Abraham Maslow. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Juanda., Pembimbing I dan Asia M., Pembimbing II. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengungkap dan mengetahui tokoh pada tokoh utama dan tokoh bawahan novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu karya Tere-Liye dengan menggunakan kajian psikologi humanistik Abraham Maslow. Data penelitian ini adalah kalimat atau paragraf yang menjelaskan tentang psikologi tokoh. Sumber data penelitian ini adalah novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu karya Tere-Liye yang di terbitkan oleh Republika pada tahun 2009. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca, pencatatan dan pembuatan korpus data. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teori psikologi humanistik Abraham Maslow. Hasil penelitian dari keseluruhan data novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu karya Tere-Liye menunjukkan bahwa tokoh ada lima tokoh yang terdiri dari satu tokoh utama yakni Ray dan empat tokoh bawahan yakni, Fitri, Penjaga Panti, Plee, Koh Cheu. Pada novel ini lebih banyak menonjolkan sistem kepribadian kebutuhan-kebutuhan dasar fisiologis yaitu sekumpulan kebutuhan yang paling mendasar, yang paling kuat dan paling jelas dari sekalian kebutuhan untuk mempertahankan hidup secara fisik, yaitu kebutuhan akan makanan, minuman, tempat berteduh, oksigen, seks dan tidur. Tokoh-tokoh yang dimunculkan novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu karya Tere-Liye adalah tokoh-tokoh dengan kepribadian yang berbeda-beda. Mereka berusaha untuk mengungkap jati diri mereka melalui pengalaman hidup dan menyikapi hidup menjadi lebih bermakna. Setelah dianalisis menggunakan lima kepribadian Abraham Maslow yakni kebutuhan-kebutuhan dasar fisiologis, kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan akan rasa cinta dan memiliki, kebutuhan akan penghargaan dan kebutuhan akan aktualisasi diri ternyata kelima sistem kepribadian tidak semua dimiliki oleh setiap tokoh, ada yang lebih mendominasi. Dari hasil penelitian tersebut penulis mengharapkan kepada pembaca dapat memahami kritik, gagasan dan ide besar dari Tere-Liye sebagai seorang pengarang melalui tokoh-tokoh yang ditampilkan novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu. Penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya agar mencari konsep-konsep tentang psikologi secara meluas. Selain itu, peneliti selanjutnya dapat mengkaji lebih dalam novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu, baik secara mendalam tentang psikologi dengan menggunakan teori berbeda maupun dari sisi lainnya yang relevan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:48
Last Modified: 25 Apr 2016 06:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/45

Actions (login required)

View Item View Item