PENINGKATAN KUALITAS SISWA SMK MELALUI PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)

Mudassir, Mudassir PENINGKATAN KUALITAS SISWA SMK MELALUI PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG). In: PROCEEDING INTERNATIONAL SEMINAR "Reformulating The Paradigm Of Technical And Vocational Education" NATIONAL CONVENTION VI-APTEKINDO THE XVII CONGRESS OF FT/FTK - FPTK JPTK INDONESIA, 3 - 5 Mei 2012, Makassar, Indonesia.

[img] Text (Prosiding Seminar Internasional)
Prosiding Internasional - Peningkatan Kualitas Siswa SMK Melalui Pendidikan Sistem Ganda....pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
Peer Review - Prosiding Internasional - Peningkatan Kualitas Siswa SMK Melalui Pendidikan Sistem Ganda....pdf

Download (464kB)

Pendahuluan: Pendidikan merupakan salah satu sektor pembangunan sumber daya manusia yang harus ditingkatkan terus menerus untuk mencapai kesempurnaannya. Usaha yang dilakukan khususnya dalam sektor pendidikan telah banyak dilakukan tetapi hasilnya belum cukup membesarkan hati. Di samping itu banyak pula masalah yang muncul baik yang telah diperkirakan sebelumnya maupun masalah yang muncul akibat keberhasilan yang telah dicapai itu. Masalah yang terjadi dalam dunia pendidikan saat ini menyangkut masalah kualitas pendidikan yang masih rendah dan kurang relevannya antara mutu hasil pendidikan dengan tuntutan pembangunan akan tersedianya tenaga kerja yang terampil dalam jumlah memadai untuk mengisj kesempatan kerja yang terbuka ataupun mampu membuka lapangan kerja baru. Melihat gejala semakin meningkatnya jumlah lulusan sekolah menengah dan perguruan tinggi yang menganggur atau seteugah mengaiiggur, sungguh sangat mengkhawatirkan. Gaffar (1987) mengemukakan beberapa permasalahan pokok pendidikan dari sudut perencanaan pendidikan. Permasalahan tersebut meliputi: kualitas pendidikan, pengelolaan proses belajar mengajar tingkat mikro, pengawasan dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan pada tingkat mikro tersebut, dan lembaga pendidikan guru yang mempersiapkan guru dan tenaga kependidikan. Permasalahan-permasalahan tersebut hampir terjadi pada setiap jenjang dan jenis pendidikan. Khususnya untuk pendidikan kejuruan adalah bahwa lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) belum dapat memenuhi persyaratan kerja. Salah satu kelemahan Sekolah Menengah Kejuruan adalah kurang mampu dalam menghasilkan lulusan yang siap pakai oleh Dunia Usaha/Industri. Masalah kualitas atau mutu pendidikan telah lama menjadi bahan perbincangan bagi dunia industri, politisi, masyarakat, orang tua, dan pendidik. Kalangan dunia industri misalnya mengeluhkan tentang mutu tamatan sekolah yang tidak siap pakai (Munadir dalam Abdul Hadis : 2010:69). Lebih lanjut Joni dalam Abdul I ladis (2010:70) menjelaskan: "Suatu pendidikan yang bermutu/berkualitas dapat dilihat dalam hubungannya dengan dunia kerja, yaitu bagaimana kesesuaian antara kecakapan dan keterampilan dengan tuntutan dunia kerja, bagaimana kesesuaian tamatan sekolah dalam hal jumlah dan kualifikasinya dengan kesempatan kerja, dan bagaimana keterserapan keluaran institusi pendidikan oleh dunia kerja. Dengan kata lain masalah efesiensi dan relevansi dunia pendidikan dengan dunia kerja berdampak langsung pada kualitas pendidikan". Pemerintah menyadari pentingnya pendidikan yang bermutu bagi bangsa Indonesia. Oleh karenanya perhatian pemerintah tertuju kepada Sekolah Menengah Kejuman (SMK) yang seharusnya menghasilkan calon calon tenaga kerja yang siap diserap Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI). Sejalan dengan hal tersebut di atas, perubahan dari kurikulum 1994 (pendidikan model lama) menjadi kurikulum 2004 yang kemudian mendapat pembaruan lagi yang disebut dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (pendidikan model baru), ini menjadikan salah

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: PAK Kepegawaian UNM
Date Deposited: 19 Jan 2018 08:10
Last Modified: 19 Jan 2018 08:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4498

Actions (login required)

View Item View Item