PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK DI SMKN 4 MAKASSAR

PALANGDA’, LISTRIYANTI (2017) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK DI SMKN 4 MAKASSAR. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
TESIS LISTRIYANTI PALANGDA..pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ACC.pdf

Download (219kB) | Preview

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat belajar ekonomi peserta didikdi SMKN 4 Makassar. (ii) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat belajar ekonomi peserta didik di SMKN 4 Makassar. (iii) Untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga terhadap minat belajar ekonomi peserta didik di SMKN 4 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatifmenggunakan metode kuantitatif dengan mengambil sampel peserta didik sebanyak 134 peserta didik, sesuai dengan tabel krejcie. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode melalui observasi, angket dan dokumentasi. Analisis instrument meliputi uji validitasi dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis meliputi uji normalitas, uji korelasi dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) terdapat pengaruh positif signifikan lingkungan sekolah terhadap minat belajar ekonomi peserta didik di SMKN 4 Makassar, dimana pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat belajar sangat kuat. (iii) terdapat pengaruh positif signifikan lingkungan keluarga terhadap minat belajar ekonomi peserta didik di SMKN 4 Makassar, dimana pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat belajar sedang; (iii) terdapat pengaruh positif signifikan lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga terhadap minat belajar ekonomi peserta didik di SMKN 4 Makassar yakni dimana pengaruh lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga terhadap minat belajar sangat kuat. Kata Kunci : Lingkungan Sekolah, Lingkungan Keluarga, Minat Belajar ABSTRAC LISTRIYANTI PALANGDA’. The Influences of School Environment and Family Environment on Economy Learning Interests Students at SMKN 4 Makassar (supervised by Rifdan and Herman). The objectives of the research are of discover (i) the influence of school environment on Economy learning interests of the students at SMKN 4 Makassar, (ii) the influence of family environment on Economy learning interests of the students at SMKN 4 Makassar, (iii) the influence of school environment and family environment on Economy learning interests of the students at SMKN 4 Makassar. The research is quantitative research which employed quantitative method with the samples of 134 students based on krejcie table. The data collection techniques employed observation, questionnaire, and documentation. The instruments analiysis covered validity and reliability test. The data analysis techniques employed hypothesis test which covered normality, correlation, and regression test. The results of the research reveal that (i) there is positive and significant influence of school environment on Economy learning result of the students at SMKN 4 Makassar where the influence of school environment on learning interest is very strong; (ii) there is positive and significant influence of family environment on Economy learning result of the students at SMKN 4 Makassar where the influence of school environment on learning interest is weak; (iii) there is positive and significant influence of school environment and family environment on Economy learning interests of the students at SMKN 4 Makassar where the influences of school environment on learning interests are very strong;

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN EKONOMI - (S3)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Jan 2018 06:41
Last Modified: 03 Jan 2018 06:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4454

Actions (login required)

View Item View Item