Studi tentang Hubungan antara Motivasi Berprestasi, Konsep Diri, dan Status Ekonomi Sosial dan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII pada SMP Negeri 3 Bulukumba

HAJRIAH, RIA (2015) Studi tentang Hubungan antara Motivasi Berprestasi, Konsep Diri, dan Status Ekonomi Sosial dan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII pada SMP Negeri 3 Bulukumba. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
RIA HAJRIAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi berprestasi siswa dalam belajar bahasa Inggris, mengetahui konsep diri siswa dalam belajar bahasa Inggris, mengetahui status ekonomi sosial siswa, mengetahui prestasi belajar bahasa Inggris siswa. Mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dan prestasi belajar bahasa inggris siswa, mengetahui hubungan antara konsep diri dan prestasi belajar bahasa inggris siswa, mengetahui hubungan antara status ekonomi sosial dan prestasi belajar bahasa inggris siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Tehnik pengambilan sampel dengan menggunakan sampel acak. Populasi dari penelitian ini sebanyak 90 siswa dari tingkat kedua pada SMP Negeri 3 Bulukumba yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dari penelitian ini sebanyak 45 siswa. Sampel tersebut diambil dari 90 x 50/100 = 45 siswa. Penelitian ini menggunakan angket dan tes. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan skala Likert kemudian melalui SPSS versi 17.0. Hasi dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa siswa pada tingkat kedua di SMP Negeri 3 Bulukumba memiliki motivasi berprestasi yang tinggi dalam belajar bahasa Inggris, itu ditunjukkan dengan mean skor 81.57 . diklasifikasikan kedalam tingkat motivasi berprestasi yang tinggi yang terdapat pada skor 68 – 84. Siswa mempunyai konsep diri yang tinggi dalam belajar bahasa Inggris, itu ditunjukkan dengan mean skor 80.24. diklasifikasikan kedalam tingkat konsep diri yang tinggi yang terdapat pada skor 68 – 84. Siswa mempunyai status ekonomi sosial dalam kategori sedang, itu ditunjukkan dengan mean skor 64.17. diklasifikasikan kedalam tingkat status ekonomi sosial sedang yang terdapat pada skor 52 – 68. Siswa mempunyai nilai bagus dalam belajar bahasa Inggris, Itu ditunjukkan dengan mean skor 75.71 diklasifikasikan kedalam skor yang bagus pada tingkat prestasi belajar yaitu 76 – 85. Berdasarkan hasil analisis SPSS tentang korelasi antara motivasi berprestasi dan prestasi belajar siswa ditemukan bahwa ada korelasi yang positif dan signifikan degan r = 0.757 diklasifikasikan kedalam kategori kuat dengan skor 0.60 – 0.799. Hasil analisis SPSS tentang korelasi antara konsep diri dan prestasi belajar siswa ditemukan bahwa ada korelasi yang positif dan signifikan degan r = 0.803 diklasifikasikan kedalam kategori sangat kuat dengan skor 0.80 – 1.00. Hasil analisis SPSS tentang korelasi antara status ekonomi sosail dan prestasi belajar siswa ditemukan bahwa ada korelasi yang positif dan signifikan degan r = 0.324 diklasifikasikan kedalam kategori kuat dengan skor 0.20 – 0.399.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:59
Last Modified: 03 Jan 2018 02:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4445

Actions (login required)

View Item View Item