Peningkatan Kemampuan mendengar siswa melalui dikte sebagai alat instruksi pada SMP Negeri 1 Makassar

Irianto, Tenri Ugi (2015) Peningkatan Kemampuan mendengar siswa melalui dikte sebagai alat instruksi pada SMP Negeri 1 Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
TENRI UGI IRIANTO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan melalui dikte dengan cara mengintruksikan via speaker ke siswa dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan dua kelompok experiment dan control. Masing-masing grup terdiri atas 32 siswa, sampel tersebut dipilih dengan menggunakan teknik kluster sampel. Instrument penelitian menggunakan test listening dan kuesioner. Teknik pengumpulan data melalui pre-test dan post-test. Pre-test diberikan untuk mengukur kemampuan awal pada skill listening sebelum diberikan treatment, penulis memberikan post-test. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dictation as instructional device. Sementara dependent variabel adalah listening skill. Dari hasil analisis data pada kemampuan literal siswa pada pre-test dan post test menunjukkan nilai T-test 13.03 adalah dan nilai T-table 2.00, berarti menunjukkan bahwa literal siswa meningkat. Berdasarkan dari hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan dikte dalam listening test dapat meningkatkan kemampuan mendengar siswa. Kata Kunci : Kemampuan, Mendengar, Dikte, Instruksi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:37
Last Modified: 03 Jan 2018 02:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4443

Actions (login required)

View Item View Item