Evaluasi Dampak Kebijakan Sertifikasi Pada Guru SD 209 Tanete Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba

Suhartina, A.Fatimah (2017) Evaluasi Dampak Kebijakan Sertifikasi Pada Guru SD 209 Tanete Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba. Diploma thesis, FIS.

[img]
Preview
Text
PDF.pdf

Download (841kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak kebijakan sertifikasi pada guru SD 209 Tanete Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kebijakan sertifikasi pada Guru SD 209 Tanete Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba telah memberikan dampak yang sejalan dengan tujuan sertifikasi guru yaitu menciptakan guru yang professional. Secara khusus hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dampak yang dikehendaki dari kebijakan sertifikasi guru menunjukkan bahwa sertifikasi guru telah meningkatnya kemampuan dan kompetensi guru dalam menciptakan suasana lingkungan belajar yang efektif. Guru lebih professional menjaga ketepatan waktu masuk kelas dan memulai pelajaran sesuai prosedur dan roster pelajaran yang ditetapkan, dan disiplin dalam mempersiapkan seluruh perangkat pembelajaran. Sertfikasi guru juga telah meningkatknya kesejahteraan dan martabat guru sebagai konsekuensi atas tunjangan 1 kali gaji pokok setiap bulannya, 2) Dampak aktual sertifikasi guru telah menjadikan gaya hidup guru menjadi lebih konsumtif dan dapat memenuhi segala kebutuhan hidupnya, namun hal tersebut menjadi wajar dan manusiawi dengan beban mengajar 24 jam/minggu yang menuntut para guru untuk total fokus di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL
FAKULTAS ILMU SOSIAL > Ilmu Administrasi Negara
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Jan 2018 03:18
Last Modified: 02 Jan 2018 03:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4422

Actions (login required)

View Item View Item