Humor adalah Salah Satu Strategi Komunikasi Guru untuk Meningkatkan Ketertarikan Siswa di Dalam Kelas EFL

ISRAIL, IRNAWATI (2017) Humor adalah Salah Satu Strategi Komunikasi Guru untuk Meningkatkan Ketertarikan Siswa di Dalam Kelas EFL. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
IRNAWATI ISRAIL.pdf

Download (740kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengkaji penggunaan humor oleh guru bahasa Inggris dalam interaksi proses belajar mengajar di semester dua di kelas IPA di SMAN 21 Makassar. Oleh sebabnya, pertanyaan penelitian ini adalah (1) tipe humor apa yang digunakan oleh guru? (2) Bagaimana pengaruh humor guru terhadap ketertarikan siswa dalam kelas bahasa Inggris? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menemukan tipe humor yang digunakan oleh guru, (2) untuk menemukan pengaruh humor guru terhadap ketertarikan siswa dalam kelas bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif terdiri dari delapan siswa yang diwawancara dan satu guru bahasa Inggris yang diteliti di dalam kelas sebagai subjek penelitian selama empat pertemuan. Peserta dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan perekam suara, wawancara dan daftar penelitian. Hasil rekaman tersebut ditranskrip dan dianalisis untuk dicocokkan dengan humor yang digunakan oleh guru dan pengaruh humor guru terhadap ketertarikan siswa dalam belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris menggunakan tiga tipe humor yang sewajarnya, yaitu humor yang berhubungan dengan topik, humor yang tidak berhubungan dengan topik dan humor yang berdasarkan pengalaman. Guru tersebut tidak menggunakan humor yang tidak terencana. Selain itu, peneliti menemukan tipe baru yang diucapkan oleh guru yaitu humor yang perencanaannya tidak direspon; dan guru menggunakan humor dapat membuat siswa tidak mengantuk, tertarik dalam pembelajaran dan dapat menerima pengetahuan dengan baik, tidak gugup, menikmati kelas, berinteraksi baik dengan guru mereka dan lebih semangat dalam belajar. Kata Kunci: humor, ketertarikan siswa, kelas bahasa Inggris

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Dec 2017 06:36
Last Modified: 27 Dec 2017 06:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4408

Actions (login required)

View Item View Item