engaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika pada Peserta Didik SMA Negeri 18 Makassar

Hasanuddin, Hasanuddin (2017) engaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika pada Peserta Didik SMA Negeri 18 Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
HASANUDDIN.pdf

Download (817kB) | Preview

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada ata tidaknya perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar melalui model pembelajaran berbasis masalah dan yang diajar melalui model pembelajaran konvensional pada peserta didik SMAN 18 Makassar. (2) Ada ata tidaknya perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar melalui model pembelajaran berbasis masalah dan yang diajar melalui model pembelajaran konvensional ditinjau dari motivasi tinggi pada peserta didik SMAN 18 Makassar. (3) Ada ata tidaknya perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar melalui model pembelajaran berbasis masalah dan yang diajar melalui model pembelajaran konvensional ditinjau dari motivasi rendah pada peserta didik SMAN 18 Makassar. (4) Ada atau tidaknya pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi terhadap keterampilan hasil belajar fisika pada peserta didik SMAN 18 Makassar. Jenis penelitian true experimental dengan factorial design. Penelitian ini menggunakan empat kelas yaitu dua kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran berbasis maslah dan dua kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penulisan ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 18 Makassar, terdiri atas delapan kelas dengan jumlah keseluruhan peserta didik 288 orang, sedangkan sampelnya yaitu kelas X1 dan X 2 sebagai kelompok eksperimen dan X 3 dan X 5 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah sampel masing-masing kelompok terdiri dari 34 orang. Hasil penulisan menunjukkan. (i) Terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada peserta didik SMA Negeri 18 Makassar. (ii) Terdapat perbedaan hasil belajar fisika kelompok motivasi tinggi yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada peserta didik SMA Negeri 18 Makassar. (iii) Terdapat perbedaan hasil belajar fisika kelompok motivasi rendah yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada peserta didik SMA Negeri 18 Makassar.(iv) Tidak terjadi pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar fisika pada peserta SMA Negeri 18 Makassar. Kata kunci: berbasis masalah, konvensional, motivasi belajar, dan hasil belajar fisika.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Dec 2017 06:27
Last Modified: 27 Dec 2017 06:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4407

Actions (login required)

View Item View Item