Faktor-faktor yang Menyebabkan Kecemasan Berbahasa Peserta Didik dalam Presentasi Seminar Proposal dan Hasil

FADLAN, AZWAR (2017) Faktor-faktor yang Menyebabkan Kecemasan Berbahasa Peserta Didik dalam Presentasi Seminar Proposal dan Hasil. Masters thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
AZWAR FADLAN.pdf

Download (913kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) tipe kecemasan berbahasa asing yang dialami oleh siswa saat melaksanakan presentasi dalam seminar proposal dan hasil di Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (2) faktor-faktor yang menyebabkan kecemasan berbahasa asing pada siswa pada saat presentasi seminar proposal dan hasil. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. Subjek penelitian ini adalah enam siswa jurusan bahasa Inggris yang melaksanakan seminar presentasi. Mereka semua dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Peneliti mengamati dan mewawancarai semua siswa kelas G yang melakukan presentasi dalam seminar dari bulan Februari sampai dengan bulan April untuk mengidentifikasi tipe kecemasan yang dialami oleh siswa dan faktor yang menyebabkan kecemasan berbahasa asing saat presentasi dalam seminar. Peneliti melakukan pengamatan dengan menggunakan alat perekaman video dan catatan lapangan. Perekaman video digunakan untuk merekam aktifitas dan penampilan siswa dalam seminar presentasi. Sementara itu, catatan lapangan digunakan untuk mendapatkan data yang lebih akurat. Berdasarkan hasil yang ditemukan di lapangan, ada tiga tipe kecemasan yang dialami siswa saat melakukan presentasi dengan menggunakan bahasa Inggris, yaitu kecemasan yang sifatnya positif atau membangun (facilitative anxiety), kecemasan yag sifatnya negatif atau merusak (debilitative anxiety), dan kecemasan yang tidak tidak berhubungan dengan sifat positive dan negative, selanjutnya peneliti menyebutnya sebagai kecemasan yang yang tidak berefek (non-effecting anxiety). Adapun beberapa faktor yang menyebabkan kecemasan berbahasa pada siswa dalam kemampuan berbicara mereka, secara umum terbagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor external, namun dalam kasus penelitian ini, peneliti hanya menemukan faktor internal yaitu kekhawatiran akan melakukan kesalahan, kekhawatiran untuk menerima pertanyaan dari peserta, kekhawatiran akan gagal dalam seminar, ketidak-mampuan memilih kosa kata yang tepat saat menjelaskan materi presentasi, kekhawatiran untuk menjadi perhatian banyak orang atau kurang percaya diri, kurangnya kemampuan berbahasa inggris yang baik, kurangnya persiapan dan latihan, pengucapan yang buruk, perasaan inferior, dan kurangnya pengalaman dalam hal presentasi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Dec 2017 06:18
Last Modified: 27 Dec 2017 06:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4406

Actions (login required)

View Item View Item