Pengaruh Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Minat belajar dalam Pembelaran IPA pada Siswa SDN 4 Lancirang di Kecamatan Pitu Riawa Kabupaten Sidenreng Rappang

SURIYANI, SURIYANI (2017) Pengaruh Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Minat belajar dalam Pembelaran IPA pada Siswa SDN 4 Lancirang di Kecamatan Pitu Riawa Kabupaten Sidenreng Rappang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Suriyani.pdf

Download (700kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pelaksanaan penerapan keterampilan proses, tingkat minat belajar dan pengaruh Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Pembelajaran Sains pada Siswa Sekolah Dasar di kecamatan Pitu Riawa Kabupaten Sidenreng Rappang Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan true eksperimental design yaitu dengan pretes dan posttest only control group design. Pada penelitian ini terdapat dua variabel : variabel bebas yaitu keterampilan proses, dan variabel terikat minat belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 4 Lancirang tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 42 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel diambil secara acak berjumlah 42 siswa dengan memperhatikan unsur-unsur homogenitas dari populasi tersebut,selanjutnya diambil secara sistematik sesuai langah-langah yang sudah ditetapkan melalui teknik matching group kemudian dibagi kedalam dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan eksperimen masing-masing 21 siswa. Instrumen pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan lembar observasi. Instrumen tersebut divalidasi oleh pembimbing selaku validator ahli. Data yang diperoleh dianalisis dengan dua jenis statistik yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial meliputi: uji normalitas data dan uji hipotesis yaitu uji perbedaan rerata dua sampel bebas dengan menggunakan analisis uji hasil tes akhir terkorelasi. Hasil penelitaian menunjukkan bahwa dari hasil tersebut terjadi peningkatan minat belajar baik pada kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol.Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata tingkat minat belajar pada kelompok eksperimen lebih besar disbanding dengan rata-rata tingkat minat belajar kelompok kontrol., Perbedaan seslisih ini termasuk besar karena kelompok kontrol mengalami peningkatan yang sedikit tidak seperti pada kelompok eksperimen. Hal ini terjadi karena model pembelajaran yang digunakan berbeda,kelompok kontrol diajar tidak menggunakan penerapan pendekatan keterampilan proses sedangkan kelompok eksperimen dengan penerapan pendekatan keterampilan proses. Kata kunci : Penerapan Pendekatan Ketrampilan Proses,Minat Belajar Siswa,Sains

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Dec 2017 05:31
Last Modified: 27 Dec 2017 05:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4400

Actions (login required)

View Item View Item