Peningktan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Teknik Akrostik Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Polut Kabupaten Takalar

Aryanty, Arsyad (2012) Peningktan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Teknik Akrostik Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Polut Kabupaten Takalar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Aryanty Arsyad..docx

Download (15kB)

ABSTRAK Aryanty Arsyad. “Peningktan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Teknik Akrostik Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Polut Kabupaten Takalar” (Dibimbing oleh Muh. Rapi Tang dan Johar Amir). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Polut Kabupaten Takalar. Hal ini dilihat dari tiga tahap, yaitu pelaksanaan yang didalamnya terdapat perencanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Rancangan penelitian ini meliputi studi pendahuluan, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini berupa data proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa dalam proses pembelajaran kemampuan menulis puisi melalui penerapan menulis akrostik yang berlangsung di kelas VII SMP Negeri 1 Polut Kabupaten Takalar. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri yang bertindak sebagai pengumpul data dengan menggunakan instrumen penunjang berupa; format pengamatan, catatan lapangan, pedoman wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian dapat ditingkatkan dengan cara mencantumkan aktivitas siswa dan guru serta pembagian waktu pada rencana pelaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran menulis dengan teknik akrostik pada pertemuan pertama melalui tahap penemuan ide, pertemuan kedua penulisan, dan pertemuan ketiga penyajian. Evaluasi dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan teknik akrostik dapat meningkatkan hasil pembelajaran baik, yang berupa proses maupun produk. Evaluasi proses menunjukkan peningkatan dalam setiap tahapan pembelajaran yang dilaksanakan. Evaluasi hasil peningkatan keterampilan menulis puisi siswa pada siklus I rata-rata 14,22% dari perolehan nilai rata-rata skor diksi 23, tipografi 15, pengimajian 23, dan tema 19, kemudian siklus II meningkat menjadi rata-rata 16,86% dari perolehan nilai rata-rata skor diksi 24, tipografi 16, pengimajian 24 dan tema 19. Selanjutnya pada siklus III lebih meningkat lagi dengan rata-rata 18,62% dari perolehan nilai rata-rata skor diksi 28, tipografi 19, pengimajian 28, dan tema 20. Dengan demikian, frekuensi kenaikan persentase tersebut menggambarkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dari siklus yang satu ke siklus berikutnya. Saran kepada guru mata pelajaran bahasa Indonesia, agar dapat memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai salah satu model pembelajaran menulis puisi dengan teknik akrostik. Perlu pula dilakukan penelitian lain sebagai tindak lanjut untuk meningkatkan kemampuan siswa SMP dalam menulis puisi dengan menerapkan teknik akrostik, karena dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:48
Last Modified: 25 Apr 2016 06:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/44

Actions (login required)

View Item View Item