Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dengan Pendekatan Kontekstual-Saintifik dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa

KHUSAIMAH D, NURUL (2017) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dengan Pendekatan Kontekstual-Saintifik dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Nurul D. Khusaimah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mendeskripsikan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dengan Pendekatan Kontekstual-Saintifik dalam Pembelajaran Matematika materi Aritmetika sosial dan Perbandingan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan. Deskripsi keefektifan yang dimaksud dilihat dari (1)hasil belajar siswa, (2) aktivitas siswa, dan (3) respons siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan dan sampel adalah siswa kelas VII.A sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dengan Pendekatan Kontekstual-Saintifik yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri atas data hasil belajar, aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan data respons siswa terhadap perangkat pembelajaran. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar, lembar observasi dan angket respon siswa. Data aktivitas siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif sedangkan data Hasil belajar matematika dan respon siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif dan inferensial menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dengan Pendekatan Kontekstual-Saintifik efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika materi Aritmetika sosial dan Perbandingan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan ditinjau dari aspek: (a) rata-rata skor hasil belajar matematika pada posttest lebih besar dari 69,9 (KKM=70) yaitu sebesar 79,9 berada pada kategori Tinggi, rata-rata skor gain ternormalisasi lebih besar dari 0.29 (kategori sedang) yaitu sebesar 0,73 berada pada klasifikasi Tinggi dan Proporsi ketuntasan belajar siswa lebih dari 84% (b) rata-rata skor aktivitas belajar siswa dari pertemuan pertama sampai kelima lebih dari 2,49(kategori minimal cukup aktif) yaitu sebesar 3,15 berada pada kategori cukup aktif dan (c) rata-rata skor respons siswa lebih besar dari 2,49 (kategori minimal cenderung positif) yaitu sebesar 3,64 berada pada kategori positif. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dengan Pendekatan Kontekstual-Saintifik efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika materi Aritmetika sosial dan Perbandingan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 Dec 2017 08:30
Last Modified: 22 Dec 2017 08:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4397

Actions (login required)

View Item View Item