Hubungan Antara Keterlaksanaan Praktikum IPA dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMPN di Kabupaten Enrekang

AMINULLAH, AMINULLAH (2017) Hubungan Antara Keterlaksanaan Praktikum IPA dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMPN di Kabupaten Enrekang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
AMINULLAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kegiatan praktikum dapat diartikan sebagai suatu rangkaian kegiatan yang memungkinkan siswa memperoleh keterampilan proses sains dengan tujuan untuk menemukan atau membuktikan teori. Praktikum juga dapat membangkitkan motivasi belajar IPA peserta didik, karena dalam kegiatan praktikum peserta didik dapat belajar dengan melibatkan semua alat indera dalam pengamatan dan percobaan yang dilakukan sehingga mempengruhi motivasinya. Tujuan dari penelitian ini adalah (i) Untuk menganalisis tingkat keterlaksanaan praktikum IPA, motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa; (ii) Untuk menganalisis hubungan keterlaksanaan praktikum IPA dengan motivasi belajar siswa; (iii) Untuk menganalisis hubungan keterlaksanaan praktikum IPA dengan hasil belajar IPA siswa; (iv) Untuk menganalisis hubungan Motivasi belajar siswa dengan hasil belajar IPA siswa; (v) Untuk menganalisis hubungan keterlaksanaan praktikum IPA dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang bersifat korelasi ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Enrekang, tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 3 sekolah. Jumlah siswa kelas VIII dari ketiga sekolah tersebut sebayak 494 siswa kemudian dilakukan pengambilan sampel secara random sampling dan terpilih 5 rombongan belajar dengan jumlah siswa 160 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument berupa angket keterlaksanaan praktikum, motivasi belajar dan dokumentasi hasil belajar IPA. teknik analisis data menggunakan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) rata-rata keterlaksanaan praktikum IPA sebesar 82,64. Rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 77,63 dan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 76,07; (ii) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterlaksanaan praktikum IPA dan motivasi belajar siswa; (iii) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterlaksanaan praktikum IPA dengan hasil belajar IPA; (iv) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar IPA; (v) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterlaksanaan praktikum IPA dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMPN di Kabupaten Enrekang. Kata Kunci: Keterlaksanaan Praktikum, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 Dec 2017 02:07
Last Modified: 22 Dec 2017 02:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4387

Actions (login required)

View Item View Item