Keefektifan Model Assurance, Relevance, Interenst, Assesment, Satisfaction (ARIAS) dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mare Kabupaten Bone.

Mappegau, Andi Sufiyanto (2017) Keefektifan Model Assurance, Relevance, Interenst, Assesment, Satisfaction (ARIAS) dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mare Kabupaten Bone. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ANDI SUFIYANTO MAPPEGAU.pdf

Download (803kB) | Preview

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengkaji kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan model pembelajaranlangsung siswa kelas X SMA Negeri 1 Mare Kabupaten Bone;2) mengkaji kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan modelAssurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) siswa kelas X SMA Negeri 1 Mare Kabupaten Bone; dan 3) membuktikan keefektifan penerapan model Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Mare Kabupaten Bone. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Mare Kabupaten Bone dan sampel yang terpilih melalui teknik purpose random samplingadalah siswa kelas X-b dan siswa kelas X-c. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan menulis cerpen. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan perangkat SPSS versi 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang berada pada kelas eksperimen memeroleh nilai lebih baik daripada siswa yang berada pada kelas kontrol. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis data pretest siswa kelas kontrol menunjukkan bahwa 4 siswa memeroleh nilai ≥ 70dengan persentase 8,10% dan 33 siswa memeroleh nilai ≤ 70 dengan persentase 89,20% dengan nilai rata-rata 42,99. Hasil analisis data posttest siswa kelas kontrol menunjukkan bahwa 17 siswa memeroleh nilai ≥ 70 dengan persentase 45,94% dan 20 siswa memeroleh nilai ≤ 70 dengan persentase 54,06% dengan nilai rata-rata 70,36. Hasil analisis data pretest kelas eksperimen menunjukkan bahwa 3 siswa memeroleh nilai ≥ 70 dengan persentase 10,80% dan 34 siswa memeroleh nilai ≤ 70 dengan persentase 91,90% dengan nilai rata-rata 43,81. Hasil analiis data posttest kelas eksperimen menunjukkan bahwa 32 siswa memeroleh nilai ≥ 70 dengan persentase 86,94 dan 5 siswa yang memeroleh nilai ≤ 70 dengan persentase 13,51% dengan nilai rata-rata 78,61. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa signifikasi t hitung = 2,666 ≥ t tabel = 2,65 yang berarti hipotesis H1 diterima atau model Assurance, Relevance, Interenst, Assesment, Satisfaction (ARIAS)efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen. Kata Kunci : model ARIAS, menulis cerpen

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 Dec 2017 02:00
Last Modified: 22 Dec 2017 02:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4386

Actions (login required)

View Item View Item