Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFaE) dengan Metode Mind Mapping pada Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri 18 Makassar

Fonni, Yusdian (2017) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFaE) dengan Metode Mind Mapping pada Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri 18 Makassar. S1 thesis, MIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen semu yang melibatkan satu kelompok eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFaE) dengan metode mind mapping efektif diterapkan pada pembelajaran matematika kelas VII SMPN 18 Makassar. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 18 Makassar tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VII-6 sebagai kelas eksperimen. Adapun hasil analisis ketiga indikator efektivitas sebagai berikut: (1) skor rata-rata hasil belajar matematika sebesar 80,79 yang berada pada kategori tinggi. Persentase ketuntasan klasikal tercapai tidak kurang dari 70% dan peningkatan hasil belajar matematika siswa sebesar 0,78 yang berada pada kategori tinggi. Namun, rata-rata hasil belajar matematika siswa tidak lebih dari 78. Jadi, untuk indikator ketuntasan belajar tidak terpenuhi (2) indikator aktivitas siswa terpenuhi dengan skor rata-rata aktivitas siswa yaitu 3,42 yang berada pada kategori sangat tinggi dan (3) indikator respons siswa terpenuhi dengan 92% memberi respons positif . Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFaE) dengan metode mind mapping tidak efektif karena kriteria untuk hasil belajar matematika siswa tidak memenuhi yaitu skor rata-rata hasil belajar siswa tidak lebih dari 78. Kata kunci : Efektivitas, Pembelajaran Matematika, SFaE dan Metode Mind Mapping.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Dec 2017 05:19
Last Modified: 21 Dec 2017 05:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4371

Actions (login required)

View Item View Item