Pengaruh Model Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan dan Kemampuan Awal terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Peserta Didik di MTs Kota Kendari

Kadir, Abdul (2016) Pengaruh Model Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan dan Kemampuan Awal terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Peserta Didik di MTs Kota Kendari. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Pengaruh Model pembelajaran Ipa Berbasis Lingkungan Dan Kemampuan Awal Terhadap Peningkatan apengetahuan Dan Sikap peserta Didik Mts Kota Kendari.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahuipengaruhmodel pembelajaran IPA berbasis lingkungan (SETS dan PBAS) terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap peserta didik, (2) mengetahui pengaruh kemampuan awal terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap berwawasan lingkungan peserta didik, (3) mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran IPA berbasis lingkungan (SETS dan PBAS) dan kemampuan awal terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap berwawasan lingkungan peserta didik, dan (4) mengetahui perbedaan pengetahuan dan sikap berwawasan lingkungan peserta didik yang berkemampuan awal tinggi, sedang dan rendah setelah diberi perlakuan model pembelajaran IPA berbasis lingkungan di MTs Kota Kendari. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Kota Kendari selama 6 (enam) bulan pada Tahun Pelajaran 2014/2015.Penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan faktorial 2x3. Jumlah sampel 168 orangpeserta didik kelas VII, yang dibagi dalam enam kelompok, setiap kelompok terdiri dari 28 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes dan kuesioner yang telah diuji validitas dan relibilitasnya.Teknik analisis data digunakan analisis statistika deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesismenggunakan uji Anova dua jalur, t-test, dan uji multiple comparisons (Tukey) dengan bantuan program SPSS-21. Hasil penelitian diperoleh, bahwa: (1) Model pembelajaran IPA berbasis lingkungan (SETS dan PBAS) memberikan pengaruh yang signifikanterhadap peningkatan pengetahuan dan sikap berwawasan lingkungan peserta didik, (2) Kemampuan awal (tnggi, sedang, dan rendah) memberikan pengaruh yang signifikanterhadap peningkatan pengetahuan dan sikap berwawasan lingkungan peserta didik, (3) a) Model pembelajaran IPA berbasis lingkungan dan kemampuan awal tidak memberikan pengaruh interaksi terhadap peningkatan pengetahuan peserta didik, (3) b) Terdapat pengaruh interaksi Model pembelajaran IPA berbasis lingkungan dan kemampuan awal terhadap sikap berwawasan lingkungan peserta didik, (4) a)Pengetahuan lingkungan peserta didik yang berkemampuan awal tinggi dan sedang setelah perlakuan model pembelajaran SETS lebih tinggi dibandingkan yang menggunakan model pebelajaran PBAS, dan peserta didik yang berkemampuan awal rendah tidak ada perbedaaan. Sedangkan kemampuan awal tinggi dan sedang, tinggidan rendah serta sedang dan rendah, secara keseluruhan memberikan efek atau pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan peserta didik di MTs Kota Kendari, (4) b) Sikap berwawasan lingkungan peserta didik yang berkemampuan awal tinggi setelah perlakuan model pembelajaran SETS lebih baik dari pada peserta didik yang menggunakan model PBAS, dan peserta didik yang memiliki kemampuan awal sedang dan rendahmodel PBAS lebih baik meningkatkan sikap berwawasan lingkungan dibandingkan model SETS. Sedangkan kemampuan awal tinggi dan rendah memberikan efek atau pengaruh terhadap sikap berwawasan lingkungan peserta didik, namun peserta didik yang kemampuan awalnya sedang dan rendah tidak memberikan efek atau pengaruh terhadap sikap berwawasan lingkungan di MTs Kota Kendari.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Dec 2017 04:36
Last Modified: 21 Dec 2017 04:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4368

Actions (login required)

View Item View Item