Pengembangan Materi Ajar Bahasa Indonesia

Akhir, Muhammad (2016) Pengembangan Materi Ajar Bahasa Indonesia. S3 thesis, pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Muhammad akhir.pdf

Download (1MB) | Preview

ABSTRAK Visi Pendidikan Nasional adalah membangun karakter Bangsa, sehingga setiap mata kuliah harus menanamkan nilai-nilai karakter dalam setiap materi pembelajaran, termasuk mata kuliah bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan materi ajar bahasa Indonesia yang valid, praktis, danefektif yang dapat diimpelementasikan pada mahasiswa khusunya mata kuliah bahasa Indonesia. Pengembangan materi ajar menggunakan model 4-D dan diujicobakan di kelas pada mata kuliah bahasa Indonesia di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, kualitatif. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kualitas (validitas, kepraktisan, dan keefektifan) matari ajar bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu pengembangan perangkat mengikuti model 4-D yang dikembangkan dan dilanjutkan implementasi perangkat pembelajaran di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan telah valid, praktis, danefektif. Valid terlihat dari penilaian terhadap rencana pembelajaran semester (RPS), lembar kerja mahasiswa (LKM), materi ajar, teshasil belajar. Kepraktisan perangkat pembelajaran materi ajar bahasa Indonesia berbasis karakter yang telah dikembangkan telah dilaksanakan melalui tahapan-tahapan yang sistematis, mulai mengamati, menanya, mengumpulkan data, menalar/mengelolah informasi dan mengkomunikasikan hasil. Sedangkan aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran menunjukkan antusian mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran saintifik approad di atas capaian 85 % yang ditetapkan. Keefektifan perangkat pembelajaranmateri ajar bahasa Indonesia berbasis karakter yang telah dikembangkan telah menumbuhkan karakterke disiplinan dan karakter tanggung jawab mahasiswa, selain itu hasil belajar mahasiswa telah mencapai KKM 75 dan ketuntasan secara klasikal di atas 80 %. Sedangkan respon mahasiswa terhadap proses pembelajaran yang telah dilakukan menujukkan respons positif yang tinggi, di atas capaian respons yang ditatapkan yaitu 85 %. Kendala yang muncul saat penerapan perangkat pembelajaran mahasiswa belum semuanya terbiasa menggunakan mataeri ajar bahasa Indonesia berbasis karakter dengan model pembelajaran scientific approach dan motivasi mahasiswa yang masih kurang maksimal. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa materi ajar bahasa Indonesia berbasis karakter dengan menggunakan model pembelajaran scientific approach yang dikembangkan layak dapat digunakan dan diimplementasikan pada mahasiswa khususnya pada mata kuliah bahasa Indonesia Kata Kunci :Materi Ajar Bahasa Indonesia, Scientific Approach, Karakter.

Item Type: Thesis (S3)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Dec 2017 04:06
Last Modified: 21 Dec 2017 04:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4367

Actions (login required)

View Item View Item