Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar Sains pada SD Negeri 3 Tanrutedong Kecamatan Dua Pitue Kabupaten Sidenreng Rappang

ASMIATI, ASMIATI (2016) Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar Sains pada SD Negeri 3 Tanrutedong Kecamatan Dua Pitue Kabupaten Sidenreng Rappang. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ASMIATI.pdf

Download (1MB) | Preview

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan penggunaan metode demonstrasi pembelajaran sains, motivasi belajar dan menguji pengaruh penerapan penggunaan metode demonstrasi terhadap motivasi belajar siswa kelas VI SD Negeri 3 Tanrutedong pada pembelajaran sains. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan true eksperimental design yaitu dengan pretes dan posttest control group design. Pada penelitian ini terdapat dua variabel : variabel bebas yaitu metode demonstrasi, dan variabel terikat motivasi belajar siswa. Jumlah populasi dalam penelitian ini 225 dengan sampel siswa kelas VI yang berjumlah 46 orang dengan Purposive sampling dan pengacakan terdiri dari 23 anggota kelompok eksperimen dan 23 anggota kelompok kontrol. Instrumen pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan lembar observasi. Instrumen tersebut divalidasi oleh pembimbing selaku validator ahli. Data yang diperoleh dianalisis dengan dua jenis statistik yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial meliputi: uji normalitas data dan uji hipotesis yaitu uji perbedaan rerata dua sampel bebas dengan menggunakan analisis uji hasil tes akhir terkorelasi. Hasil penelitaian menunjukkan bahwa : Penggunaan metode demonstrasi dengan pembelajaran sains terdiri dari mempersiapkan alat bantu, memberi penjelasan tentang topik dan pelaksanaan terdiri dari tahap pengamatan dan observasi, tahap bertanya dan bernalar, tahap mengkomunikasikan, dan tahap penilaian. Pada umumnya terlaksana dengan baik, ada pun hasil motivasi belajar sains siswa sebelum penerapan metode demonstrasi berada pada kategori sedang, baik pada kelompok kontrol maupun pada kelompok eksperimen. Setelah diberi perlakuan yaitu penggunaan metode demonstrasi pada kelompok eksperimen dan tidak menggunakan metode demonstrasi pada kelompok kontrol, sehingga terjadi peningkatan motivasi siswa pada kelompok eksperimen menjadi tingkat kategori tinggi, sedangkan kelompok kontrol tetap pada ketegori sedang, sehingga terdapat pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap motivasi belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran sains SD Negeri 3 Tanrutedong. Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Motivasi Belajar dan Pembelajaran Sains.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Dec 2017 01:42
Last Modified: 21 Dec 2017 01:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4366

Actions (login required)

View Item View Item