Evaluasi Program Pembinaan Anak Terlantar Putus Sekolah di PPSBR Makkareso Kabupaten Maros

PRATAMA HR, ANDY (2017) Evaluasi Program Pembinaan Anak Terlantar Putus Sekolah di PPSBR Makkareso Kabupaten Maros. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ANDY PRATAMA HR.pdf

Download (2MB) | Preview

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (i) mengetahui gambaran reaksi peserta didik dalam mengikuti pelatihan/pembinaan anak terlantar putus sekolah, (ii) mengetahui pelaksanaan pembelajaran peserta didik dalam mengikuti pelatihan/pembinaan anak terlantar putus sekolah, (iii) mengetahui gambaran perubahan perilaku peserta didik dalam mengikuti pelatihan/pembinaan anak terlantar putus sekolah di PPSBR Makkareso Kabupaten Maros. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif Model Kirkpatrick dengan metode pengambilan subjek bersifat kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta program yang ada di Pusat Pelayanan Sosial Bina Remaja (PPSBR) “Makkareso” Maros sebagai sasaran program. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data evaluasi program pembinaan menggunakan angket (quesioner), wawancara (interview), dan pengamatan (observation), serta dokumentasi yang bertujuan untuk lebih mengakuratkan data-data yang ada. Analisis data dalam penelitian ini meliputi persiapan, tabulasi, dan penerapan sesuai dengan pendekatan penelitian. Penentuan kriteria evaluasi hasil penelitian disesuaikan dengan model evaluasi yang digunakan. Hasil analisis data tentang evaluasi program pembinaan anak terlantar putus sekolah dengan model Kirkpatrick menunjukkan bahwa: (i) Reaksi peserta program pembinaan anak terlantar putus sekolah berdasarkan materi pembinaan, instruktur pembinaan, media pembelajaran dan metode yang digunakan termasuk sangat baik untuk peserta pada evaluasi komponen Reaction. (ii) Pelaksanaan program pembinaan anak terlantar putus sekolah berdasarkan perencanaan program, pelaksanaan program, dan monitoring dan evaluasi termasuk sangat baik untuk peserta pada evaluasi komponen Learning. (iii) Program pembinaan anak terlantar putus sekolah berdasarkan perubahan sikap dan perubahan keterampilan termasuk sangat baik untuk peserta pada evaluasi komponen Behavior.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Dec 2017 07:34
Last Modified: 19 Dec 2017 07:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4358

Actions (login required)

View Item View Item