Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar (2002-2014). Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas

Adhan, Adhan (2016) Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar (2002-2014). Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas. Diploma thesis, Fak. Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
adhan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana latar belakang berdirinya Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Wahdah Islamiyah di Makassar pada tahun 2002, bagaimana perkembangan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar tahun 2002-2014, serta bagaimana dampak keberadaan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Terhadap Masyarakat di Makassar. Penelitian ini menggunakan metode historis melalui tahapan kerja, yakni heuristik (pengumpulan data atau sumber), kritik Sumber, interpretasi (penafsiran) dan historiografi (penulisan) merupakan tahap akhir penulisan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang berdirinya Sekolah Menengah Pertama Wahdah Islamiyah Makassar adalah untuk menampung lulusan dari SD Wahdah Islamiyah yang merupakan putra putri dari pengurus Wahdah Islamiyah. pada awal terbentuknya jumlah siswa yang diterima berjumlah 23 orang. Pada tahun 2006 dan 2007 sekolah tersebut menambah gedung baru untuk menampung siswa yang setiap tahunnya meningkat. Guru dan staf ditingkatkan kemapuannya melalui diklat. Pada awalnya Sekolah Menengah Pertama Wahdah Islamiyah Makassar terakreditasi B kemudian meningkat menjadi Akreditasi A. kurikulum yang digunakan Kurikulum Mulok berbasis Agama dan Kurikulum Nasional. Keberadaanya memberikan dampak positif dibidang pendidikan, ekonomi, sosial dan agama sehingga menciptakan manusia yang intelektual, spiritual dan berjiwa sosial yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, keberadaan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar dengan metode halaqah tarbiyahnya telah berhasil mencetak generasi Islam yang kuat, cerdas, dan mampu bersaing dengan sekolah lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sejarah
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Dec 2017 07:02
Last Modified: 19 Dec 2017 07:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4353

Actions (login required)

View Item View Item