Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Motivasi Belajar Fisika dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA Negeri 3 Kota Ternate

Faradina, Faradina (2017) Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Motivasi Belajar Fisika dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA Negeri 3 Kota Ternate. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
tesis lengkap.pdf

Download (1MB) | Preview

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan eksperimen quasi dengan posstest-only control group design, yang bertujuan untuk: (1) menganalisis perbedaan motivasi belajar fisika antara peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran penemuan terbimbing dan yang diajar dengan menggunakan metode konvensional pada SMA Negeri 3 Kota Ternate Tahun Ajaran 2016/2017. (2) menganalisis perbedaan keterampilan proses sains antara peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran penemuan terbimbing dengan yang diajar menggunakan metode konvensional pada SMA Negeri 3 Kota Ternate Tahun Ajaran 2016/2017 . Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksankaan dalam tiga tahap yaitu: 1) tahap persiapan yang meliputi observasi awal pada sampel penelitian dan penyusunan perangkat, serta instrumen penelitian termasuk validasi isi dan empiris, 2) tahap pelaksanaan berupa pemberian kuesioner motivasi belajar fisika, penggynaan metode pembelajaran penemuan terbimbing pada kelas eksperimen dan penggunaan metode konvensional pada kelas control, 3) tahap akhir dengan pemberian posstest yang kemudian dilakukan amalisis untuk uji hipotesis. Data hasil penelitian dioalh secara deskriptif dan inferensial untuk menggambarkan motivasi belajar fisika dan keterampilan proses sains peserta didik. Hasil analisis deskriptif memperlihatkan bahwa skor rata-rata motivasi belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran penemuan terbimbing sebesar 16,14 dari skor ideal 83 dan standar deviasi 6,00 dan skor rata-rata keterampilan proses sains peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing sebesar 19,2 dari skor ideal 24 dan standar deviasi 2,65. Sedangkan skor rata-rata motivasi belajar fisika peserta didik yang diajar secara konvensional 60,08 dari skor ideal 75 dan standar deviasi 47,67 dan skor rata-rata keterampilan proses sains peserta didik yang diajar menggunakan metode konvensional 16,89 dari skor ideal 22 dan standar deviasi 3,05. Analisis inferensial menggunakan uji-t dua pihak dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan kesimpulan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar fisika yang diajar menggunakan metode pembelajaran penemuan terbimbing dengan yang diajar metode konvenional pada peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Kota Ternate Tahun Ajaran 2016/2017 (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan proses yang diajar menggunakan menggunakan metode pembelajaran penemuan terbimbing dengan yang diajar menggunakan metode konvensional pada peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Kota Ternate Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Penemuan Terbimbing, Motivasi Belajar, Keterampilan Proses Sains.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Dec 2017 07:00
Last Modified: 19 Dec 2017 07:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4351

Actions (login required)

View Item View Item