Hubungan Antara Kecerdasan Naturalistik, Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Bakat Istimewa SMP Negeri 6 Makassar

MARWAH, SRI (2017) Hubungan Antara Kecerdasan Naturalistik, Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Bakat Istimewa SMP Negeri 6 Makassar. S2 thesis, PASCASARJANA.

[img]
Preview
Text
Untitled.pdf

Download (915kB) | Preview

ABSTRAK Faktor yang mempengaruhi hasil belajar Biologi terbagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari lingkungan sedangkan faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa tersebut. Faktor internal tersebut diantaranya kecerdasan naturalistik, kecerdasan emosional dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui bagaimana kecerdasan naturalistik; (ii) mengetahui bagaimana kecerdasan emosional; (iii) mengetahui bagaimana motivasi belajar (iv) mengetahui bagaimana hasil belajar Biologi (v)mengetahui hubungan kecerdasan naturalistik dengan hasil belajar Biologi; (vi) mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar Biologi; (vii) mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar Biologi; dan (viii) mengetahui hubungan kecerdasan naturalistik, kecerdasan emosional, dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar Biologi siswa kelas bakat istimewa SMP Negeri 6 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas bakat SMP Negeri 6 Makassar pada Tahun Pelajaran 2016-2017 sejumlah 1237 siswa. Sampel penelitian sejumlah 59 siswa dengan menggunakan Purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) kecerdasan naturalistik siswa tergolong sangat tinggi, (ii) kecerdasan emosional siswa tergolong sedang, (iii)Motivasi belajar siswa tergolong tinggi (iv) hasil belajar Biologi siswa berada pada kategori tinggi, (v) terdapat hubungan yang kuat antara kecerdasan naturalistik dengan hasil belajar Biologi, (vi) terdapat hubungan yang cukup kuat antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar Biologi, (vii) terdapat hubungan yang kuat antara motivasi belajar dengan hasil belajar Biologi, (viii) terdapat hubungan yang kuat antara kecerdasan naturalistik, kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajar Biologi siswa kelas Bakat istimewa SMP Negeri 6 Makassar. Kata kunci:Kecerdasan Naturalistik, Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Dec 2017 06:44
Last Modified: 19 Dec 2017 06:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4347

Actions (login required)

View Item View Item