Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Biologi UNM pada Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan dengan Metode CRI

KARTINI, KARTINI (2017) Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Biologi UNM pada Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan dengan Metode CRI. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
KARTINI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (i) Mengetahui pamahaman mahasiswa biologi UNM pada mata kuliah fisiologi tumbuhan dan yang mengalami miskonsepsi, paham konsep, dan tidak paham konsep pada mata kuliah fisiologi tumbuhan (ii) Mengidentifikasi konsep dari mata kuliah fisiologi tumbuhan yang sering menjadi miskonsepsi mahasiswa biologi UNM dan (iii) Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya miskonsepsi mahasiswa biologi UNM pada mata kuliah fisiologi tumbuhan. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Pada penelitian ini digunakan teknik CRI (Certainty of Response Index) untuk mengidentifikasi miskonsepsi mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan pendidikan biologi UNM yang telah memprogramkan mata kuliah fisiologi tumbuhan pada tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 71 mahasiswa yang terdiri dari tiga kelas yaitu kelas regular, kelas ICP A (International Class Program), dan kelas ICP B. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 42 mahasiswa diambil dari ketiga kelas. Teknik sampling yang digunakan yaitu random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes diagnostik berbentuk pilihan ganda beralasan yang dilengkapi dengan nilai CRI dan wawancara terstruktur untuk mengetahui penyebab miskonsepsi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi miskonsepsi pada 9 konsep yang diteliti dengan persentase yang mengalami miskonsepsi, paham konsep, dan tidak paham konsep berturut-turut sebesar 30 %, 32, 5 % dan 37,5 %. Persentase mahasiswa yang paling tinggi mengalami miskonsepsi terdapat pada konsep enzim, metabolisme nitrogen, fotosintesis, tanah dan nutrisi tumbuhan, serta hubungan tumbuhan dan air masing-masing sebesar 42%, 41%, 35%, 35% dan 30%. Faktor-faktor yang menjadi penyebab miskonsepsi pada mata kuliah fisiologi tumbuhan yaitu penalaran yang salah atau kemampuan mahasiswa, ketidaklengkapan informasi yang diterima, intuisi yang salah, pengamatan mahasiswa yang keliru, istilah-istilah yang sulit dipahami, pengalaman belajar di sekolah, buku teks, serta minat belajar yang dimiliki mahasiswa terhadap mata kuliah fisiologi tumbuhan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Dec 2017 03:51
Last Modified: 19 Dec 2017 03:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4330

Actions (login required)

View Item View Item