Efektivitas Pemberian Stimulus Melalui Kegiatan Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar PPKn Siswa Di SMPN 3 Tanete Rilau Kabupaten Barru

NURAENI, NURAENI (2017) Efektivitas Pemberian Stimulus Melalui Kegiatan Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar PPKn Siswa Di SMPN 3 Tanete Rilau Kabupaten Barru. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
NURAENI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis; (1) kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar PPKn siswa di SMPN 3 Tanete Rilau kabupaten Barru, sebelum dan sesudah pemberian stimulus melalui kegiatan discovery learning. (2) perbedaan atau tidak kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar PPKn siswa di SMPN 3 Tanete Rilau kabupaten Barru, sebelum dan sesudah pemberian stimulus melalui kegiatan discovery learning, (2) korelasi atau hubungan signifikansi kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar PPKn siswa di SMPN 3 Tanete Rilau kabupaten Barru, antara sebelum dan sesudah pemberian stimulus melalui kegiatan discovery learning, (3) berfungsi efektif atau tidak pemberian stimulus melalui kegiatan discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar PPKn siswa di SMPN 3 Tanete Rilau kabupaten Barru. Penelitian ini menggunakan desain one-Group-Pretest-Posttest Design dan analisis uji prasyarat yaitu normalitas data dengan metode one sample kologorov-smirnov dan analisis statistik inferensial menggunakan uji statistik deskriptif untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar PPKn, uji-t sampel berpasangan, yaitu paired samples test untuk menguji hipotesisi satu, paired samples correlations untuk menguji hipotesis dua dan paired samples statistics untuk menguji hipotesisi tiga. Penelitian ini terdiri populasi 25 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel total. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi bentuk rating skale (skala lajuan), tes bentuk uraian dan tes keterampilan (TTCT) dan dokumentasi atau mencatat dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan: (1) Kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar PPKn sebelum dengan sesudah diberikan treatment mengalami perubahan secara positif, karena meningkat persentase kemampuan berpikir kreatif selisih 44% dan kategori tidak mampu menjadi mampu, persentase hasil belajar PPKn selisih 60%, kategori dari tidak tuntas menjadi tuntas. (2) Ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar PPKn siswa di SMPN 3 Tanete Rilau kabupaten Barru, sebelum dan sesudah pemberian stimulus melalui kegiatan discovery learning. (3) Terdapat korelasi atau hubungan signifikansi kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar PPKn, antara sebelum dan sesudah pemberian stimulus melalui kegiatan discovery learning dan hubungan yang terjadi adalah kuat. (4) Pemberian stimulus melalui kegiatan discovery learning berfungsi efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar PPKn siswa di SMPN 3 Tanete Rilau kabupaten Barru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Dec 2017 03:32
Last Modified: 19 Dec 2017 03:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4328

Actions (login required)

View Item View Item