Komparasi Keefektifan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Dan Tipe Think Pair Share Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Salomekko Kabupaten Bone

Sulman, Nurfitriana (2017) Komparasi Keefektifan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Dan Tipe Think Pair Share Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Salomekko Kabupaten Bone. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
NURFITRIANA SULMAN.pdf

Download (1MB) | Preview

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan keefektifan antara pendekatan Saintifik model kooperatif tipe Think Pair Share dan pendekatan saintifik model kooperatif tipe Team Asissted Individualization pada materi Perbandingan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah adalah randomized pretest-posttest comparison group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Salomekko dan sampel ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, THB, LOAS, angket respon siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, LKS. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan Saintifik model kooperatif tipe Think Pair Share berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 84,58, standar deviasi 9,60. Serta terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan dari pre-test ke post-test, dengan taraf signifikan 0,03. Aktivitas siswa dalam pembelajaran minimal berada pada kategori sangat baik Aktivitas guru minimal berada pada kategori terlaksana dengan baik serta respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran termasuk dalam kategori cenderung positif. Hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan saintifik model kooperatif tipe Team Asissted Individualization berada pada kategori Tinggi dengan rata-rata 80,92, standar deviasi 7,41. Serta terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan dari pre-test ke post-test, diperoleh taraf signifikan 0,03. Aktivitas siswa dalam pebelajaran minimal berada pada kategori baik. Aktivitas guru berada pada kategori terlaksana dengan baik serta respons siswa terhadap perangkat pembelajaran termasuk dalam kategori positif. Pengujian hipotesis pada taraf siginifikan α=0,05 dengan uji-t menunjukan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Saintifik model kooperatif tipe Think Pair Share lebih efektif daripada pendekatan saintifik model kooperatif tipe Team Asissted Individualization dengan materi Perbandingan di kelas VII SMP Negeri 3 Salomekko. Kata Kunci: Efektifitas, Model Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan Saintifik, Team Assisted Individualization, Think Pair Share

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Dec 2017 03:12
Last Modified: 19 Dec 2017 03:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4323

Actions (login required)

View Item View Item