Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Mengoptimalkan Keterampilan Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VIII MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa

Putri, Anita purnama (2017) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Mengoptimalkan Keterampilan Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VIII MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV PEMBAHASAN - FIX.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN FIX.pdf

Download (91kB) | Preview

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran berbasis masalah dengan mengoptimalkan keterampilan metakognitif dalam pembelajaran matematika di kelas VIII MTs Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII MTs Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa tahun ajaran 2016/ 2017 yang terdiri dari 3 kelas paralel dan kelas yang diberikan perlakuan adalah kelas VIII B yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas peserta didik, tes hasil belajar, angket metakognisi dan angket respons siswa terhadap pembelajaran. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik dalam pembelajaran berada pada kategori sangat aktif dengan skor rata-rata 3,6, hasil belajar matematika peserta didik berada pada kategori sedang dengan mean 82,46 dan standar deviasi sebesar 10,07, tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 96,97%, rata-rata gain ternormalisasi hasil belajar berada pada kategori tinggi, kesadaran metakognitif peserta didik berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 3,68, respons peserta didik terhadap pembelajaran berada pada kategori positif dengan skor rata-rata 3,53. Secara umum disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dengan mengoptimalkan keterampilan metakognitif efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada peserta didik kelas VIII MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Dec 2017 02:53
Last Modified: 19 Dec 2017 02:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4321

Actions (login required)

View Item View Item