Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Awal terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Maniangpajo (Studi pada Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit).

HASRIDA, HASRIDA (2017) Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Awal terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Maniangpajo (Studi pada Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit). S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
HASRIDA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep peserta didik; (2) ada tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar peserta didik; (3) ada tidaknya pengaruh kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap pemahaman konsep peserta didik; (4) ada tidaknya pengaruh kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap motivasi belajar peserta didik; (5) ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran discovery learning dengan kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap pemahaman konsep peserta didik; (6) ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran discovery learning dengan kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Maniangpajo Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri dari delapan kelas dengan jumlah peserta didik 207 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling dan kelas yang terpilih adalah kelas X.2 dan kelas X.3. Pengujian hipotesis dilakukan dengan program SPSS menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial menggunakan Two Ways MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep peserta didik ; (2) ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran discovery learning terhadap motivai belajar peserta didik; (3) ada pengaruh kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap pemahaman konsep peserta didik; (4) ada pengaruh kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap motivasi belajar peserta didik; (5) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap pemahaman konsep peserta didik; (6) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap motivasi belajar peserta didik. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Discovery Learning, Kemampuan Awal, Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit.   ABSTRACT HASRIDA. 2017. The Influence of Learning Model and Initial Ability on Concept Understanding and Learning Motivation of Class X Students at SMA Negeri 1 Maniangpajo (Study on Electrolyte Solution and Nonelectrolyte). (supervised by Muhammad Danial and Pince Salempa). The research aimed at examining : (1) whether there is influence of guided inquiry learning model and discovery learning model on students’ concept understanding, (2) whether there is influence of guided inquiry learning and discovery learning model on students’ learning motivation, (3) whether there is influence of high and low initial ability on students’ concept understanding, (4) whether there is influence of high and low initial ability on students’ learning motivation, (5) whether there is interaction between guided inquiry learning model and discovery learning model with high and low initial ability on students’ concept understanding, and (6) whether there is interaction between guided inquiry model and discovery learning model with high and low initial ability on students’ learning motivation. The study is quasi experiment research with 2x2 factorial design. The population were all class X students at SMA Negeri 1 Maniangpajo academic year 2016/2017 consisted of eight classes with the number of students 207 people. The samples were selected by employing random sampling techniques and obtained class X.2 and class X.3. The hypothesis test was conducted using SPSS program with statistic descriptive analysis and inferential analysis using Two Ways MANOVA. The result of the study reveal that (1) there I influence of guided inquiry learning model and discovery learning model on students’ concept understanding, (2) there is influence of guided inquiry learning and discovery learning model on students’ learning motivation, (3) there is influence of high and low initial ability on students’ concept understanding, (4) there is influence of high and low initial ability on students’ motivation learning, (5) there is no interaction between learning model with initial ability on students’ learning motivation. Keyword: guided inqutiry, discovery learning, initial ability, concept understanding, learning motivation, electrolyte solution and nonelectrolyte

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Dec 2017 02:40
Last Modified: 19 Dec 2017 02:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4318

Actions (login required)

View Item View Item