Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Aliyah DDI Wanio Kabupaten Sidrap.

SUHRA, SRI AYU (2016) Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Aliyah DDI Wanio Kabupaten Sidrap. Diploma thesis, FE.

[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa Madrasah Aliyah DDI Wanio Kabupaten Sidrap. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto dengan menggunakan metode deskriptif korelasional. Populasi peneltian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah DDI Wanio Kabupaten Sidrap dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proposional random. Ada dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu fasilitas belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sebagai variabel terikat. Metode Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket pengumpulan data menggunakan skala likert. Angket ini diuji cobakan terlebih dahulu untuk memperoleh angket yang valid dan reliable. Uji persyaratan analisis tentang normalitas menggunakan uji lineritas regresi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan korelasi produc moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Hal tersebut ditunjukkan dari nilai r hitung lebih besar dari r tabel dengan N = 58. Pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai r adalah 0,514 lebih besar dengan r tabel 0,254 dengan taraf signifikan 0,000. Sedangkan nilai F hitung 20,148 > F tabel 4,01 karena F hitung > dari F tabel, maka Ho ditolak H1 diterima yang artinya terdapat hubuungan yang signifikan dan positif terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa Madrasah Aliyah DDI Wanio Kabupaten Sidrap. Sedangkan terhadap uji t diketahui uji t hitung adalah 5,006 dan t tabel 1,67252 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima sehingga hipotesis menyatakan terdapat hubungan yang positif dan signifikan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi Madrasah Aliyah DDI Wanio Kabupaten Sidrap. Kata Kunci : Fasilitas Belajar dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Dec 2017 08:25
Last Modified: 14 Mar 2018 07:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4306

Actions (login required)

View Item View Item