Students’ Perception on the Teaching Methods Employed by Teachers of English as a Foreign Language (EFL) at SMK Darussalam Makassar.

Heriyanti, Heriyanti (2014) Students’ Perception on the Teaching Methods Employed by Teachers of English as a Foreign Language (EFL) at SMK Darussalam Makassar. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
HERIYANTI.docx

Download (15kB)

ABSTRAK HERIYANTI. Persepsi Siswa terhadap Metode Pengajaran yang Digunakan oleh Guru Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing di SMK Darussalam Makassar (Pembimbing: Hariyanto dan Sukardi Weda). Di Indonesia, bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang diajarkan di seluruh jenjang sekolah. Jadi, metode pengajaran yang efektif harus digunakan oleh guru demi tercapainya proses pembelajaran bahasa Inggris yang baik. Sedangkan demi peningkatan kemampuan guru dalam mengajar, mengevaluasi cara mengajar guru dalam kelas harus dilakukan. Menganalisa persepsi siswa menjadi salah satu diantara banyak cara yang dapat dilakukan. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk memaparkan metode-metode apa saja yang dipersepsi siswa sebagai metode yang efektif dan tidak efektif dan mengapa mereka mengatakan beberapa metode itu sebagai metode yang efektif dan tidak efektif. Penelitian ini menggunakan disain penelitian kualitatif deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling untuk memperoleh subjek penelitian di SMK Darussalam Makassar. Mereka kemudian dibagi kedalam empat kelompok karena peneliti menggunakan diskusi kelompok berfokus untuk mengumpulkan data. Diskusi ini dilakukan berdasarkan jadwal yang telah disepakati bersama peserta penelitian. Setelah itu, data ditranskrip dan dianalisis berdasarkan langkah-langkah analisis yang disarankan oleh Bungin, yaitu analisis mikro. Berdasarkan data yang dikumpulkan, penelitian ini merumuskan tiga kesimpulan. (1) Terdapat empat metode efektif yang dipersepsi oleh siswa, yaitu Communicative Method (CM), Cooperative Learning (CL), Competency Based method (CBM), dan Community Language Learning (CLL). Sedangkan ke-empat metode yang dipersepsi tidak efektif adalah Lecturing Method (LM), Grammar Translation Method (GTM), Direct Method (DM), dan Task Based Method (TBM). (2) Ke-empat metode tersebut dipersepsi efektif oleh siswa berdasarkan 21 persepsi yang dikumpulkan dalam tiga kategori utama. Yaitu teori bahasa, aspek perolehan bahasa, dan pengajaran dan pembelajaran. Sedangkan ke-empat metode yang dipersepsi sebagai metode yang tidak efektif berdasar pada ke-empat persepsi siswa berikut. Yaitu: menjelaskan sambil duduk atau berdiri, terlalu banyak grammar atau structure, menggunakan bahasa Inggris tanpa terjemahan dan terlalu banyak tugas. (3) Terdapat tiga critical perceptions yang menjadi ciri-ciri baru dalam sebuah metode yang efektif berdasarkan persepsi siswa. Yaitu mengulangi pelajaran sebelum memulai pelajaran baru, menggunakan metode pembelajaran yang berbeda tiap pertemuan dan sesekali belajar di luar ruangan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:48
Last Modified: 25 Apr 2016 06:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/43

Actions (login required)

View Item View Item