Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horray dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Peseta Didik pada Materi Masalah Pokok Ekonomi Kelas X SMA N 6 Makassar

Hidayat, Azhar (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horray dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Peseta Didik pada Materi Masalah Pokok Ekonomi Kelas X SMA N 6 Makassar. S1 thesis, FE.

[img]
Preview
Text
Untitled.pdf

Download (398kB) | Preview

ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 6 Makassar dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horray pada kelas X.3 dan model kooperatif tipe Kontekstual di kelas X.4. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental desigh), metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Random Sampling sehingga didapat dua kelas yaitu kelas X.3 sebagai kelas Eksperimen I terdiri dari 35 siswa dan kelas X.4 sebagai kelas Eksperimen II yang terdiri dari 35 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar ekonomi, data yang terkumpul di analisis dengan menggunakan dua macam teknik analisis yaitu analisis statistic deskriptif dan analisis statistik inferensial. Dari pengelolaan data dengan statistik deskriptif di peroleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen I sebelum diberi perlakuan yaitu sebesar 46,42 dan setelah diberi perlakuan dengan model kooperatif tipe CRH peningkatan sebesar 76,57 dan mengalami peningkatan sebesar 29,67 dan pada kelas eksperimen II rata-rata hasil belajar sebelum diberi perlakuan yaitu sebesar 45,71 dan peningkatan setelah diberi perlakuan sebesar 68,28 dengan peningkatan 22,11. Teknik analisis independen sample test, dengan menggunakan bantuan komputer dengan program SPSS versi 20, diperoleh nilai 0,002 (untuk 1-tailed jadi sig = 0,0005) yang lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima. Hasil belajar siswa yang di ajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe CRH lebih banyak meningkatkan dari hasil belajar siswa yang di ajarkan melalui model pembelajaran Kontekstual. Kata kunci : Kooperatif CRH, Kontekstual, dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Dec 2017 06:42
Last Modified: 18 Dec 2017 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4280

Actions (login required)

View Item View Item