Hubungan Presentasi Diri dengan Intensitas Penggunaan Jejaring sosial pada mahasiswa fakultas Psikologi UNM

Nabila, Zahra (2014) Hubungan Presentasi Diri dengan Intensitas Penggunaan Jejaring sosial pada mahasiswa fakultas Psikologi UNM. S1 thesis, Universitas Negeri Mkassar.

[img] Text
Nabila Zahra.docx

Download (14kB)

ABSTRAK Nabila Zahra. 2014. Hubungan Presentasi Diri dengan Intensitas Penggunaan Jejaring sosial pada mahasiswa fakultas Psikologi UNM.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh presentasi diri terhadap intensitas penggunaan jejaring sosial pada mahasiswa. Remaja berinteraksi dalam jejaring sosial adalah dengan menciptakan kesan positif dengan menggunakan strategi presentasi diri tentang diri mereka. Dua ratus dua puluh tujuh mahasiswa menjadi sampel dalam penelitian ini. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh presentasi diri terhadap intensitas penggunaan jejaring sosial pada mahasiswa, r = 0,605, p= 0,000. Tiga variabel lain yang digunakan yaitu berturut-turut jenis kelamin (t = 0,393, p = 0,101), usia (F = 0,696, p = 0,653), dan banyaknya uang saku (F = 1,166, p = 0,327) tidak mempengaruhi intensitas penggunaan jejaring sosial remaja. Uji anava satu jalur menunjukkan bahwa terdapat perbedaan bentuk presentasi diri yang dilakukan oleh mahasiswa, F = 304,232, p = 0,000. Strategi ingratiationyaitu memberikan pujian kepada orang lain dalam jejaring sosial lebih sering digunakan daripada enhancement, yaitu bentuk presentasi diri yang menunjukkan bahwa individu memiliki kemampuan atau kompeten (M = 3,33, SD = 0,435). Bentuk presentasi diri yang paling jarang digunakan dibandingkan yang lain adalah supplication yaitu melebih-lebihkan kekurangan diri agar orang lain memberikan perhatian ataau rasa iba (M = 1,94, SD = 0,982). Kata kunci: intensitas penggunaan jejaring sosial, presentasi diri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PSIKOLOGI > BF Psychology
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:48
Last Modified: 27 Apr 2016 05:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/427

Actions (login required)

View Item View Item