Penggunaan Metode Hyposis untuk Membentuk Mindset Positif Siswa dalam Pembelajaran dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Labakkang

BARLI, MUHAMMAD BADRUN (2016) Penggunaan Metode Hyposis untuk Membentuk Mindset Positif Siswa dalam Pembelajaran dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Labakkang. Diploma thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
Untitled.pdf

Download (491kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan metode hypnosis, mindset positif siswa dalam pembelajaran dapat terbentuk dan apakah ada pengaruhnya terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan desain The One-Grouped Pretest-Postest. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik di kelas X yang terdiri dari 7 kelas yang bersifat homogen di SMAN 1 Labakkang. Satu kelas diambil secara random sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 24 orang. Kelas tersebut diajar dengan menggunakan metode hypnosis melalui penerapan unsur-unsur pembelajaran hypnoteaching. Ada 3 instrumen yang dibuat oleh peneliti sendiri dan selanjutnya digunakan dalam penelitian ini, yaitu (1) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, (2) pedoman wawancara mindset siswa, dan (3) tes hasil belajar. Perangkat pembelajaran yang digunakan oleh peneliti, yaitu Recana Pelaksanaan Pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) keterlaksanaan pembelajaran berada dalam kategori “terlaksana dengan baik” (skor rata-rata 2,75), (2) Mindset siswa tentang matematika sebelum perlakuan diberikan yaitu kurang atau bahkan tidak ada keinginan menjadi lebih cerdas dalam bidang matematika dan cenderung kurang atau bahkan tidak menikmati waktu pelajaran matematika di kelas, (3) Rata-rata skor kemampuan awal siswa berdasarkan hasil pre-test adalah 7,4938, (4) Mindset siswa tentang matematika setelah perlakuan diberikan yaitu meskipun keinginan untuk menjadi lebih cerdas dalam bidang matematika masih kurang, tapi perasaan senang terhadap kelas matematika mulai dirasakan oleh para siswa, dan (5) Rata-rata skor hasil belajar yang diperoleh siswa berdasarkan hasil post-test adalah 14,7708. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode hypnosis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di SMA Negeri 1 Labakkang. Kata Kunci: Mindset, hypnosis, hypnoteaching, pengaruh

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Dec 2017 05:41
Last Modified: 18 Dec 2017 05:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4265

Actions (login required)

View Item View Item