Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Lembar Kerja Terstruktur dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 30 Makassar

Galo, Maimanah Tenri (2017) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Lembar Kerja Terstruktur dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 30 Makassar. S1 thesis, FMIPA.

[img] Text
04 BAB I.docx

Download (31kB)
[img] Text
08 BAB V.docx

Download (19kB)

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model kooperatif tipe TAI dengan lembar kerja terstruktur pada pembahasan kubus dan balok. Efektivitas yang dimaksud dalam hal ini dapat dilihat dari: (1) hasil belajar siswa, (2) aktivitas siswa, (3) respon siswa. Adapun untuk keterlaksanaan model pembelajaran merupakan prasayarat terlaksananya suatu model pembelajaran. Data tentang keterlaksanaan model pembelajaran dan aktivitas siswa diperoleh melalui pengamatan dengan menggunakan lembar observasi, data respon siswa diperoleh dengan menggunakan angket yang diberikan pada akhir pelaksanaan pembelajaran dan untuk mengetahui hasil belajar siswa digunakan tes pada awal dan akhir pembelajaran. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Penelitian ini dilaksanakan dengan memilih satu kelas secara acak dari sembilan kelas VIII yang ada di SMP Negeri 30 Makassar. Kelas yang terpilih diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan lembar kerja terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan lembar kerja terstruktur mencapai skor rata-rata 85,96 dan peningkatan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan lembar kerja terstruktur yang dihitung dengan rumus gain ternormalisasi sebesar 0,8025 yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan lembar kerja terstruktur terpenuhi, (2) aktivitas siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan lembar kerja struktur diperoleh persentase rata-rata yaitu sebesar 85,55%. Nilai tersebut lebih besar dari ketentuan yang ditetapkan yaitu sebesar 80%. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa terpenuhi (3) persentase rata-rata siswa yang memberikan respon positif terhadap model kooperatif tipe TAI dengan lembar kerja terstruktur yaitu sebesar 92,05% > 80% siswa. Hal ini menunjukkan bahwa kriteria efektivitas untuk respon siswa terpenuhi. Berdasarkan kriteria keefektifan yang dikemukakan maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan lembar kerja terstruktur pada pokok bahasan kubus dan balok efektif diterapkan pada siswa kelas VIII5 SMP Negeri 30 Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Dec 2017 01:59
Last Modified: 18 Dec 2017 01:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4237

Actions (login required)

View Item View Item