Perilaku Belajar dan Proses Berpikir dalam Menyelesaikan Soal Matematika Siswa Bimbingan Persiapan Olimpade SMP Negeri 1 Pangkajene Kab.Pangkep.

Sari, Nur Purnama (2016) Perilaku Belajar dan Proses Berpikir dalam Menyelesaikan Soal Matematika Siswa Bimbingan Persiapan Olimpade SMP Negeri 1 Pangkajene Kab.Pangkep. S1 thesis, FMIPA.

[img] Text
artikel.docx

Download (29kB)

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan perilaku belajar dan proses berpikir dalam menyelesaikan soal matematika siswa bimbingan persiapan olimpiade SMP Negeri 1 Pangkajene Kab.Pangkep. Subjek penelitian merupakan siswa SMP Negeri 1 Pangkajene yang tergabung dalam bimbingan persiapan olimpiade matematika di sekolah yang terdiri dari : 2 orang siswa laki-laki dan 2 orang siswa perempuan. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama dan instrumen pendukung, yaitu angket perilaku belajar, tes pemecahan masalah matematika, dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan cara analisis hasil angket, tes dan wawancara. Dalam perilaku belajar terdapat beberapa klasifikasi tipe belajar, yaitu visual, auditori, kinestetik, dan visual-auditori. Adapun proses berpikir dapat diklasifikasikan dalam beberapa jenis berpikir, yaitu logis (induktif, deskriptif dan evaluatif), kritis, kreatif, ilmiah, alamiah, dll. Hasil Penelitian menunjukkan (1) dalam perilaku belajar terdapat subjek yang memiliki tipe belajar visual, da nada pula subjek yang memilki tipe belajar auditori. (2) adapun proses berpikir siswa bimbingan persiapan olimpiade matematika terdapa siswa yang berpikir secara logis, logis (deduktif) dan kreatif, serta berpikir kritis. Kata kunci: Perilaku Belajar, Proses Berpikir, Tipe Belajar, Jenis Berpikir

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Dec 2017 01:42
Last Modified: 18 Dec 2017 01:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4235

Actions (login required)

View Item View Item