Keefektifan Teknik Pemodelan Membaca Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Batuasang Kabupaten Bulukumba

Andi, Surfiati (2012) Keefektifan Teknik Pemodelan Membaca Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Batuasang Kabupaten Bulukumba. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Andi Surfiati,.docx

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK Andi Surfiati, 2012. “Keefektifan Teknik Pemodelan Membaca Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Batuasang Kabupaten Bulukumba”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh, Dr. Muhammad Saleh, M. Pd, dan Drs. H. A. Wardihan P, M. Pd). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kemampuan membaca berita siswa tanpa menggunakan teknik pemodelan; (2) kemampuan membaca berita siswa dengan menggunakan teknik pemodelan; (3) efektif tidaknya teknik pemodelan dalam meningkatkan kemampuan membaca berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batuasang Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasinya adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batuasang tahun ajaran 2011/ 2012 dengan sampel sebanyak 2 kelas dengan kelas eksperimen berjumlah 29 orang dan kelas kontrol berjumlah 29 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik sampel bertujuan (purposive sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan teknik analisis eksperimen jenis uji t desain ketiga. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) kemampuan membaca berita siswa tanpa menggunakan teknik pemodelan tidak memadai, karena persentase jumlah siswa yang memperoleh nilai 7,0 ke atas tidak mencapai kriteria tingkat kemampuan siswa yaitu 75%; (2) kemampuan membaca berita siswa dengan menggunakan teknik pemodelan juga tidak memadai, karena persentase jumlah siswa yang memperoleh nilai 7,0 ke atas tidak mencapai kriteria tingkat kemampuan siswa yaitu 75%; (3) berdasarkan hasil analisis data penelitian tampak bahwa nilai eksperimen (thitung) yang diperoleh sebesar 0,06, sedangkan nilai t tabel = 0,854 (signifikan 90%). Jadi, nilai eksperimen sebagai t hitung lebih kecil daripada nilai t tabel (t hitung < t tabel). Dengan demikian, H0 (hipotesis uji) penelitian ini diterima dan H1 (hipotesis penelitian) ditolak. Teknik pemodelan tidak efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batuasang Kabupaten Bulukumba. Berdasarkan hasil penelitian di atas penulis mengajukan beberapa saran sebagai berikut: guru hendaknya mengembangkan metode mengajar yang lebih baik dalam membantu siswa menguasai keterampilan membaca berita; guru hendaknya meningkatkan frekuensi pemberian tugas membaca yang terus-menerus dan berkesinambungan pada siswa untuk melatih kemampuan siswa mengenali hal-hal penting sebuah bacaan dengan cepat; guru hendaknya meningkatkan motivasi siswa untuk memanfaatkan perpustakaan sebagai tempat membaca yang efektif; guru hendaknya memotivasi siswa untuk banyak membaca untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:48
Last Modified: 25 Apr 2016 06:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/42

Actions (login required)

View Item View Item